Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Percepat Vaksinasi, Satgas Vaksin Gandeng Dispendukcapil Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Satgas vaksinasi Ponorogo akhirnya melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dalam upaya percepatan program vaksinasi Covid-19 di bumi reyog. Dengan basis pemakaian nomor induk kependudukan (NIK), tentu akan diketahui capaian riil vaksinasi untuk warga ber-KTP Ponorogo.

“Kami siap mendukung upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Ponorogo,” kata Kabid Administrasi Kependudukan Catatan Sipil Dispendukcapil Ponorogo Heru Purwanto, Senin (4/10/2021).

Dengan pemilihan NIK ini, akan diketahui berapa warga yang sudah atau belum vaksinasi. Selain itu juga diketahui daerah atau kecamatan mana saja yang capaian vaksinasinya rendah atau tinggi. Dengan begitu, nantinya program vaksinasi akan lebih cepat dan tepat sasaran. “Dengan data itulah, dapat dilakukan pemetaan program vaksinasi. Sehingga bisa mempercepat dan tepat sasaran juga,” ungkap Heru.

Dalam setiap kegiatan vaksinasi, kata Heru pihaknya akan menaruh petugas untuk ikut membantu input data. Dengan begitu data yang diperoleh akan selalu terupdate, dan bisa diketahui setiap saat pencapaiannya. “Ada petugas Dispendukcapil yang akan ikut membantu saat pelaksanaan program vaksinasi,” katanya.

Sementara itu Kabid Pengendalian dan pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo Heni Lestari menyambut positif keterlibatan Dispendukcapil dalam program vaksinasi ini. Diharapkan, peran dari Dispendukcapil bisa membantu percepatan vaksinasi di Ponorogo. Heni menyebut meski persyaratan ijut vaksin adalah salah satunya menggunakan NIK, namun itupun belum bisa detail. “Semoga keterlibatan Dispendukcapil ini, bisa mempercepat program vaksinasi di Ponorogo,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar