Politik Pemerintahan

Percepat Deteksi Covid-19, Pemkot Madiun Miliki TCM

Wali Kota Madiun Maidi saat melihat mesin TCM di RSUD Kota Madiun, Kamis (4/3/2021).

Madiun (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun terus berupaya mempercepat penanganan Covid-19 di wilayahnya. Salah satunya dilakukan dengan menyediakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Kota Madiun.

“Saat ini kita sudah berhasil menekan penularan Covid-19. Dengan memiliki alat sendiri, kita bisa cepat mendeteksi,” kata Wali Kota Madiun Maidi saat Forum Group Discussion (FGD) pengoperasian di RSUD Kota Madiun, Kamis (4/3/2021).

Dengan adanya alat TCM ini akan semakin mempermudah uji spesimen. Sehingga, lebih cepat mengetahui hasil seseorang positif atau negatif terinfeksi virus Corona.

“Saat ini kita sudah berhasil menekan penularan Covid-19 secara perlahan. Tapi 3T, terutama tracing, terus kita lakukan,” tuturnya.

Lanjutnya, alat TCM ini bisa dimanfaatkan bagi warga Kota Madiun maupun luar kota. Sistem kerja sama operasional ini, Pemkot tidak perlu membeli alat TCM. Tetapi, spesimen yang diambil dari warga akan diperiksa mengguankan alat tersebut.

“Kita hanya kerja sama operasional. Mesinnya dari pihak ketiga. Tapi, kalau butuh untuk pemeriksaan, kita tinggal memeriksa. Jadi, tidak perlu beli mesinnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Instalasi Laboratorium Patologi Klinik (Lab. PK) RSUD Kota Madiun dr. Chlorentine Konika P., Sp.PK menjelaskan bahwa alat TCM di RSUD Sogaten ini mampu mengetes empat sampel secara bersamaan. Durasi waktu yang dibutuhkan sekitar 55 menit.

“Untuk permintaan tes mandiri mulai dari pengajuan hingga hasil keluar kira-kira membutuhkan waktu sekitar 3 jam,” tutupnya.(asg/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Kiat Menulis Artikel Kesehatan Populer

Resep Nasi Aladin Khas Timur Tengah

Resep Sup Kikil, Gurih dan Empuk