Politik Pemerintahan

Percantik Malam Hari, Jalan Urip Sumoharjo Ponorogo Tambah Lampu Penjor Lagi

Pembangunan lampu penjor di perempatan Jalan Urip Sumoharjo dengan Jalan Jawa dan Raden Saleh, saat ini masih dalam pembuatan pondasi. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kerlap-kerlip lampu penjor nampaknya menjadi pemandangan menarik di ruas jalan-jalan protokol Kabupaten Ponorogo.

Tercatat sudah ada 5 lampu penjor yang sudah berdiri dengan tinggi kurang lebih 11 meter tersebut. Yakni 1 unit di ujung timur Jalan Alun-alun utara, 2 unit di Jalan Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto, dan masing-masing 1 unit di Jalan Jendral Besar Sudirman dan Jalan Urip Sumoharjo.

Di akhir tahun ini, nampaknya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo bakal menambah lagi 1 unit lampu penjor. Lampu penjor ini, kembali untuk mempercantik Jalan Urip Sumoharjo. Sehingga di jalan tersebut nantinya ada 2 unit lampu penjor.

“Kita tambah 1 unit lagi di Jalan Urip Sumoharjo, jadi nantinya ada 2 lampu penjor. Sehingga total ada 6 unit lampu penjor di ruas jalan protokol di Ponorogo,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ponorogo, Kamsun, Rabu (30/11/2022).

Jika lampu penjor pertama berada di perempatan Jalan Urip Sumoharjo dengan Jalan Madura dan Jalan Bhayangkara, lampu penjor kedua ini dipasang di perempatan Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Raden Saleh dan Jalan Jawa. Progres pembangunannya saat ini, sedang pengerjaan pondasi. Pondasi ini, kata Kamsun ada yang ditanam, juga ada yang berada di permukaan tanah sebagai penampang atas.

“Pondasi tanam, sudah selesai dikerjakan. Saat ini menunggu usia perkerasan beton,” katanya.

Pengerasan benton dalam pembangunan pondasi itu membutuhkan waktu seminggu. Setelah dibiarkan seminggu, baru dikerjakan lagi untuk pondasi penampang atas. Dia menyebut ukuran pondasi yang berbentuk lingkaran itu, sama seperti lampu penjor di Jalan Urip Sumoharjo yang sudah selesai lebih dulu beberapa bulan lalu.

“Diameter 2 meter, ukuran seperti lampu penjor di Jalan Urip Sumoharjo satunya,” ungkapnya.

Tiang lampu penjor ini berdiameter 2,5 meter dengan tinggi sekitar 11 meter. Ukuran itu, kata Kamsun sama seperti lampu-lampu penjor yang sudah berdiri seperti sekarang ini. Saat ini tiang lampunya masih dalam proses perakitan. Sebelum bulan Desember selesai, lampu penjor yang sedang dibangun di Jalan Urip Sumoharjo ini bakal menyala.

“Target selesai pengerjaan lampu penjor ini, pada tanggal 15 Desember 2022 nanti,” katanya.

Sumber dana pengadaan lampu penjor di Jalan Urip Sumoharjo ini, melalui anggaran di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK). Pos PAK untuk pembangunan lampu penjor di Jalan Urip Sumoharjo ini, senilai Rp 186 juta. Dia menyebut bahwa untuk tahun depan, tidak ada pengadaan lampu penjor.

“Dana PAK ini pun ya untuk 1 unit lampu penjor di Jalan Urip Sumoharjo,” pungkasnya. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar