Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Perbaiki Jalan Rusak, Pemkab Ponorogo Ngutang Rp 155 Miliar ke PT. SMI

Warga di Desa Sriti Kecamatan Sawoo secara swadaya memperbaiki jalan di desanya. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemkab Ponorogo kembali melakukan pinjaman kepada PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Kali ini tak tanggung-ganggung, kabupaten yang berada barat Provinsi Jawa Timur itu meminjam sebanyak Rp 155 miliar dari perusahaan yang dibentuk oleh Kementerian Keuangan itu. Pinjamam dari PT. SMI itu merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Rencananya, uang miliaran tersebut digunakan untuk perbaikan infrastruktur, khususnya jalan-jalan rusak yang berada di wilayah Ponorogo.

“Kami pinjam sebanyak Rp 155 miliar dari PT. SMI untuk memperbaiki jalan-jalan rusak di Ponorogo,” kata Bupati Sugiri Sancoko, Kamis (9/9/2021).

Bupati Sugiri Sancoko menjelaskan pengajuan pinjaman ke PT. SMI ini, merupakan salah satu jalan keluar untuk perbaikan infrastruktur di tengah pandemi Covid-19. Terutama banyaknya jalan rusak di bumi reyog. Dia tidak pengin disalahkan 100 persen atas kondisi jalan yang rusak saat ini.

“Saya lagi menjabat jadi bupati itu masih 6 bulan. Artinya saat ini sedang menata untuk mencari solusi untuk infrastruktur menjadi lebih baik dari masa lalu. Solusinya banyak hal, salah satunya kembali mengajukan program PEN ke PT. SMI,” katanya.

Jika mengandalkan anggaran yang ada, masalah penanganan jalan rusak tidak cepat teratasi. Karena disituasi pandemi ini, banyak dana yang terkena recofusing dari Pemerintah Pusat. Sementara masyarakat di akar rumput menginginkan perbaikan segera.

“Titik-titik perbaikan yang menjadi skala prioritas. Artinya yang rusak parah dan roda ekonomi bisa lancar jika itu sudah diperbaiki,” kata Kang Giri sapaan Sugiri Sancoko tersebut.

Orang nomor satu di Ponorogo itu menyebutkan bahwa pinjaman senilai Rp 155 miliar itu dengan bunga sebesar 5,5 persen. Dengan jangka waktu pelunasan hingga 5 tahun. Kang Giri berharap program PEN ini bisa cepat terealisasikan dan bisa selesai akhir tahun nanti. “Nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat ketika infrastruktur jalannya bagus,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar