Politik Pemerintahan

Peran Penting Tim BPBD Kabupaten Kediri Tangani Covid-19

BPBD Kabupaten Kediri menjemput warga positif Covid-19 dari tempat isolasi di Kampus IAIN Tulungagung.

Kediri (beritajatim.com) – Selain tenaga medis, BPBD atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri juga memiliki peran penting dalam garda terdepan penanganan Covid-19. Dengan menggunakan protokol kesehatan, BPBD harus siap jika dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebagaimana diketahui tim medis bergerak untuk menangani pasien Covid-19. Sedangkan BPBD lebih mengarahkan usahanya untuk pencegahan serta sosialisasi penyebaran Covid-19.

Setiap harinya,personil BPBD melakukan penyemprotan cairan desinfektan antara 300 hingga 400 liter. Lokasi penyemprotan di sejumlah obyek vital yang sering didatangi oleh masyarakat untuk keperluan tertentu.

Selain itu juga tempat tempat ibadah, lokasi satuan kerja pemerintahan. Tim BPBD tidak segan-segan melayani permintaan warga untuk melakukan penyemprotan disekitar kawasan penduduk atau kampung tempat tinggal.

“Kami juga wajib melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke lokasi, dimana kedapatan ada warga yang terjangkit Covid-19. Upaya sterilisasi terus dilakukan di tempat tempat yang dicurigai sebagai endemik virus mematikan ini,” kata Windoko, Komandan Unit Reaksi Cepat (URC) BPBD Kabupaten Kediri.

Selain itu, BPBD juga memberikan bantuan langsung dari pemerintah kabupaten kediri kepada keluarga korban yang tengah melakukan isolasi mandiri dirumah masing masing.

Beberapa tugas tersebut, tim BPBD juga harus mendampingi atau memberikan arahan kepada team medis saat melalukan pemakaman korban virus COvid-19.

Protokol keamanan Covid 19 selalu diterapkan saat melakukan tugas seperti pemakaian apd lengkap dan harus sering dinetralkan dengan disemprot cairan desinfektan baik sebelum maupun setelah tugas.

Windoko mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik karena jika warga tidak bisa tenang, maka imunitas tubuh akan melemah dan segala macam virus dengan cepat bisa menyerang kekebalan tubuh manusia. [adv kominfo/nm].





Apa Reaksi Anda?

Komentar