Politik Pemerintahan

Penyaluran BPNT Gunakan Beras Premium, Tak Ada Lagi Komplain Kualitas

Tuban (beritajatim.com) – Sejak selama tiga bulan terkahir ini, penyaluran beras bantuan dari pemerintah dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) khsusunya di wilayah Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban tidak sampai menuai kendala atau komplain dari warga.

Tidak adanya komplain masalah kualitas dalam penyaluran program pemerintah itu lantaran saat ini beras BPNT yang disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah menggunakan beras kualitas premium. Selain itu pengawasan ketat juga masih terus dilakukan saat proses distribusi guna menjaga kualitas beras benar-benar terjaga.

“Sudah tiga bulan ini menggunakan beras premiun dalam penyaluran BPNT. Setelah penyaluran menggunakan beras premiun sekarang sudah tidak pernah ada masalah, karena memang beras benar-benar layak konsumsi,” terang Imron, selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Jenu, Kabupaten Tuban.

Penyaluran BPNT di wilayah Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban pada bulan November 2020 ini sudah dilakukan pada hari ini. Sebelum beras didistribusikan ke masing-masing agen pengecekan kualitas dilakukan secara bersama-sama oleh pihak Muspika Jenu, Dinas Sosial Tuban dan juga TKSK yang merupkan pendamping bagi KPM.

“Untuk penyaluran di Kecamatan Jenu pada bulan ini sebanyak 3.600 paket sesuai dengan order yang ada dari KPM,” tambahnya.

Meski dengan kualitas premium, beras yang didistribusikan untuk para warga penerima di wilayah Kecamatan Jenu, Tuban itu sebanyak 15 kilogram untuk masing-masing KPM. Selain beras dalam penyaluran BPNT tersebut juga ditambahkan Tahu, Tempe dan Telur dengan menyesuaikan anggaran yang diterima masing-masing KPM.

“Setelah dilakukan pengecekan secara bersama-sama dan memang berasnya sudah sesuai ini langsung di droping ke masing-masing agen. Untuk agen di Kecamatan Jenu ada 21 agen dari 17 desa yang ada,” paparnya.

Sementara itu, S.Y. Emanuel, selaku tim dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tuban yang turun langsung melakukan pengecekan beras itu mengatakan bahwa kualitas beras yang didistribusikan itu sudah bagus. Yang mana untuk di wilayah Kecamatan Jenu, Tuban itu terdapat tiga suplayer yang menjadi pemasok beras untuk BPNT itu.

“Untuk di Jenu ini ada tiga pemasok, jadi setelah pengecekan bisa kita terima sesuai kreteria. Hari ini kita lakukan Monev ke lima kecamatan, Kecamatan Jenu, Merakurak, Tuban, Semanding dan Kecamatan Grabagan,” ungkap S.Y. Emanuel, selaku tim Monetoring dan Evaluasi (Monev) dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tuban.[mut/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar