Politik Pemerintahan

Penyaluran Bansos PKH Pamekasan Dipercepat

Pamekasan (beritajatim.com) – Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap IV Tahun 2020 di Kabupaten Pamekasan dipercepat dibandingkan proses penyaluran sebelumnya.

Di mana selama ini, proses penyaluran bansos kepada masyarakat terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan sekali alias triwulan. Namun saat ini dipercepat dan disalurkan setiap bulan sekali.

“Biasanya selama ini proses penyaluran dilakukan setiap tiga bulan sekali dengan empat tahap berbeda, namun tahun ini berubah dan dipercepat menjadi satu bulan sekali,” kata Koordinator PKH Kabupaten Pamekasan, Hanafi, Sabtu (26/9/2020).

Hal itu berdasar keputusan dari Kemensos RI yang merubah skema pemyaluran bansos bagi KPM sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19. “Perubahan proses penyaluran ini dilakukan sejak Maret 2020, sekaligus untuk 15 bulan kedepan demi menjaga pemenuhan kebutuhan masyarakat selama pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Perubahan penyaluran tersebut dilakukan sebagai langkah antusipatif, sekalipun penyaluran tahap empat biasa diberikan saat menjelang lulusan maupun kenaikan siswa. “Untuk Tahap IV ini dilakukan pada awal Oktober 2020, yakni untuk proses penyaluran edisi Oktober, November dan Desember 2020,” ungkapnya.

“Jadi hal ini penting untuk diketahui masyarakat agar tidak terjadi kesalah pahaman, bahwa proses pencairan untuk tiga bulan kedepan akan dilakukan pada awal Oktober 2020. Biasanya pada tahap IV komponen berubah status, misalnya kelulusan anak dan kenaikan kelas,” pungkasnya. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar