Politik Pemerintahan

Peningkatan Kewaspadaan Covid-19, Ini Isi SE Gubernur Jatim ke Bupati/ Walikota

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerbitkan surat edaran kepada bupati/walikota se-Jatim tertanggal 13 Maret 2020.

Surat dengan nomor 443/4146/201.3/2020 perihal Peningkatan Kewaspadaan Covid-19 ini berisi langkah-langkah yang harus ditempuh para kepala daerah di Jatim dalam menghadapi virus Covid-19.

“Sehubungan dengan berkembangnya ancaman virus jenis baru, yaitu Covid-19 (Corona Virus) yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia yang dapat menimbulkan penyakit baru dan berpotensi terjadinya wabah atau dapat menimbulkan kejadian luar biasa di dunia, maka dimohon dengan hormat kepada saudara Bupati/Walikota se-Jawa Timur dimohon agar segera melakukan langkah-langkah upaya pencegahan,” tulis Gubernur Khofifah dalam surat tersebut.

Langkah pencegahan tersebut meliputi:

1. Memberikan edukasi yang benar dan menenangkan terkait Covid-19 (Corona Virus) agar tidak terjadi kepanikan di masyarakat.

2. Menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19 (Corona Virus).

3. Melakukan surveilans/pengawasan ketat terhadap kunjungan pasien dengan gejala demam, batuk dan sesak nafas, apalagi didukung adanya riwayat bepergian dari negara terjangkit.

4. Menyiapkan fasilitas dan sumber daya manusia yang ada untuk pelayanan pasien infeksi Covid-19 (Corona Virus).

5. Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu dengan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan memfasilitasi seluruh sarana (CTPS) di ruang publik seperti tempat bermain, taman, ruang tunggu terminal, stasiun, dll.

Surat edaran tersebut ditembuskan juga ke Panglima Komando Daerah Militer V/Brawijaya dan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim, Agung Subagyo yang dikonfirmasi beritajatim.com, Sabtu (14/3/2020) membenarkan surat tersebut dikeluarkan oleh Gubernur Jatim. [tok/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar