Politik Pemerintahan

Pengusulan Gelar Pahlawan Syaichona Kholil Terkendala Foto

Bangkalan (beritajatim.com) – Pengusulan nama Syaichona Kholil untuk mendapatkan gelar pahlawan terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan. Saat ini, seluruh tahapan sudah dilakukan namun masih membutuhkan dokumen foto yang sesuai.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) setempat Wibagio mengatakan, dari beberapa dokumen foto yang berhasil dikumpulkan, belum ada yang sesuai. Sehingga, perlu kesepakatan dari keturunan Syaichona Kholil untuk memutuskan foto yang akan digunakan dan diusulkan ke pemerintah pusat. “Foto Syaichona Muhammad Kholil yang beredar saat ini kurang sesuai,” terangnya, Kamis (11/3/2021).

Ia menambahkan, saat ini tahapan pengajuan telah sampai pada sidang dan seminar dari berbagai tokoh. Sehingga selanjutnya masuk dalam penyempurnaan dokumen sehingga dapat dikirim ke Tim Peneliti serta Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD).

“Tahapan sampai di TP2GD Provinsi Jatim. Sidang dan seminar sudah dilakukan baik dari universitas, PWNU Jatim, DPD Golkar Jatim dan lainnya. Setelah itu Gubernur Jatim akan merekom untuk dikirim ke pusat,” tambahnya.

Diketahui, berkas tersebut harus masuk dan disetor ke pusat sebelum Minggu kedua April mendatang. Sementara itu, pihaknya juga sedang mengumpulkan manuskrip sebagai dokumen pendukung. Meski beberapa masih ada di Belanda, ia mengaku dokumen yang ada saat ini sudah banyak. “Dari berbagai dokumen yang paling mendukung yakni kalimat Hubbul Wathon Minal Iman, namun lebih banyak dokumen akan lebih baik,” tandasnya.[sar/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar