Politik Pemerintahan

Pengusaha SPBU Diharapkan Dukung Langkah Pemkab Cegah Virus Corona

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah

Bojonegoro (beritajatim.com) – Salah seorang petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Agus dari Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro menanyakan kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam memberi pelayanan kepada masyarakat di tengah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

“Bagaimana kami yang bersentuhan langsung dengan berbagai orang baik dari Bojonegoro maupun luar Bojonegoro yang mengisi BBM?,” tanyanya dalam program Pencegahan Covid-19, Warga Bertanya Buk’e Menjawab.

Menanggapi hal itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah telah memberi imbauan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama melakukan aksi pencegahan terhadap penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Termasuk perusahaan maupun pengusaha yang menjual kebutuhan dasar masyarakat, seperti SPBU maupun perbankan.

Setiap perbankan diimbau mengurangi jumlah antrian. “Pihak perbankan sudah kami imbau untuk membatasi jumlah antrean nasabah,” ujar Anna Mu’awanah saat melakukan on air di radio dengan tema Pencegahan Penyebaran Covid-19, Jumat (20/3/2020) malam.

Sementara, pihaknya berharap kepada pemilik SPBU untuk memberi proteksi terhadap petugas yang secara langsung melayani pembeli. “Pemilik SPBU ini harus memberi proteksi diri kepada petugas. Diantaranya memberi fasilitas cuci tangan atau handsanitizer,” ungkapnya.

Anna Mu’awanah menambahkan, seberapapun usaha Pemkab Bojonegoro dalam melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona, lebih efektif jika ada kesadaran masing-masing pribadi. “Mohon kerjasama dan kegotongroyongan, mohon maaf jika ada penutupan beberapa ruang publik,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Sukaemi, melalui Kasi Pengadaan dan Distribusi Dinas Perdagangan (Disdag) Bojonegoro Sutikno Sakib, mengungkapkan sampai saat ini memang belum ada imbauan bagi pangkalan dan agen elpiji di Bojonegoro yang wajib menyediakan handsanitizer sebagai langkah antisipasi penularan virus Corona.

“Sampai saat ini, belum ada imbauan apapun terkait isue virus Corona. Meski belum ada imbauan, ya harapannya tetap ada handsanitizer dan masker sebagai langkah antisipasi,” katanya.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V – Jatimbalinus, Rustam Aji memastikan BBM dan elpiji terus tersedia untuk memenuhi aktivitas sehari-hari masyarakat. Dalam keadaan ini juga, Pertamina terus memantau penyaluran BBM dan elpiji khususnya untuk di wilayah Jawa Timur.

“Hingga saat ini, Pertamina tetap memberikan pelayanan untuk kebutuhan energi masyarakat, salah satu caranya adalah dengan menerapkan fit to work dan cek kesehatan untuk awak mobil tangki yang mendistribusikan BBM,” pungkasnya. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar