Politik Pemerintahan

Pengukuhan Pengurus MUI Kecamatan, Ini Pesan Ketua MUI Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tuban melantik ratusan pengurus dari Dewan Pimpinan MUI setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban yang berlangsung di Pendopo Krido Manunggal Tuban.

Dalam pelantikan tersebut, KH Abdul Matin Djwahir, Ketua MUI Tuban berpesan kepada para pengurus MUI di tingkat kecamatan tersebut untuk selalu menjaga hubungan yang harmonis. Jumlah pengurus MUI tingkat kecamatan yang lantik jumlah sebanyak 600 orang, Minggu (28/4/2019).

“Pengurus MUI berasal dari dua ormas islam terbesar, mulai dari Pimpinan Cabang Nahdlatul ulama (PCNU) dan Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Tuban sampai di tingkatan kecamatan dan desa,” terang KH Abdul Matin, Ketua MUI Tuban saat memberikan sambutan dalam pelantikan itu.

Lebih lanjut, Kiai Matin mengharapkan kepada para pengurus DP MUI kecamatan se Kabupaten Tuban yang baru dilantik untuk tetap menjaga kekompakan dan keharmonisan. Terutama disaat sekarang ini setelah menghadapi Pemilu serentak yang masih menunggu hasil penghitungan suara.

“Saatnya sekarang kembali menjalin dan merajut ukhuwah yang selama ini mungkin sedikit terusik. Saatnya kita menata umat untuk bisa manjalankan hidup sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Kiai Matin menegaskan bahwa keberadaan pengurus MUI harus menjadi sosok pendingin di tengah-tengah masyarakat. Sehingga jika terjadi suatu permasalahan di tengah-tengah masyarakat terkait dengan permasalahan agama, MUI harus bisa mengambil keputusan yang tepat.

“Kita sadari bersama, walaupun yang paling benar menurut keyakinan kita dari semua agama adalah agama kita sendiri, namun kita tetap harus menghormati agama lain. Maka dari itu diperlukan wawasan kebangsaan yang tinggi dari kita semua,” tegas Kiai Matin.

Kiai Matin memaparkan, bahwa Islam adalah agama yang paling benar, tetapi juga harus menghormati dan bertoleransi kepada agama lain. “Dan yang perlu kita ingat bahwa kedepan kita menghadapi persoalan bangsa yang semakin rumit, oleh sebab itu persatuan dan kesatuan harus diutamakan,” ungkap Kiai Matin yang juga pengasuh Ponpes Bejagung, Tuban itu.

Sementara itu, Budi Wiyana, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, memberikan apresiasi atas terlaksananya pengukuhan DP MUI Kecamatan se Kabupaten Tuban itu. menurutnya selama ini MUI telah menjadi mitra strategis bagi pembangunan keagamaan di Kabupaten Tuban, terutama dalam mewujudkan visi Kabupaten Tuban menuju masyarakat yang religius.

“Pengurus dan anggota MUI tersebar dan dekat dengan masyarakat sampai di desa. Shingga diharapkan adanya masukan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban tentang Program Kegiatan yang dijalankan kedepan agar semakin tepat sasaran,” ungkap Budi Wiyana, Sekda Kabupaten Tuban. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar