Politik Pemerintahan

Pengisian Ketua Komisi A DPRD Lumajang Berlangsung Alot

Rapat Paripurna DPRD Lumajang penetapan pimpinan alat kelengkapan dewan.

Lumajang (beritajatim.com) – Proses pengisian pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Lumajang sempat berlangsung alot di Komisi A. Pasalanya, anggota komisi yang membidangi Hukum dan Pemerintah menolak salah satu yang diajukan oleh Pimpinan Wakil rakyat Lumajang, Jum’at (27/9/2019).

Sesuai konsensus, ketua Komisi C dari anggota Fraksi Gerindra atas nama Gatot Sarworubedo. Namun, anggota meminta dilakukan voting untuk menentukan siapa yang pantas menduduki sebagai ketua.

Akhirnya dengan mendengar aspirasi dari anggota Komisi A. Pimpinan DPRD mempersilakan melakukan pemilihan tertutup. Alhasil, Nur Fadila dari Fraksi Gerindra terpilih dengan wakil, Awaludin dari Fraksi Demokrat dan Sekretaris Qotibul Umam dari Fraksi PDIP.

“Proses siapa ketua Komisi A sudah sesuai tatib DPRD,” kata Bukasan, Wakil Ketua DPRD Luajang.

Menurut dia, adanya salah satu anggota komisi A tidak puas. Dirinya memegang penuh dari pendapat dari mereka untuk menentukan siapa ketuanya sesuai tatib. “Kami tak ingin marwah kita sebagai pimpinan DPRD melanggar tatib,” paparnya.

Untuk Komisi B, C dan D, saat menentukan pemilihan siapa ketua dan wakil ketua serta Sekretaris berjalan lancar. Hanya ada 2 politisi perempuan PKB tidak mau dan digantikan temanya dalam satu fraksi.

Saat rapat paripurna DPRD penetapan Alat Kelengkapan Dewan, Gatot Sarworubeda iterupsi ke pimpinan mengenai ada ketidak beresa dalam pemilih ketua Komisi A hingga teman satu fraksinya terpilih.

“Maaf pimpinan, saya keberatan dengan proses di Komisi A,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD, H.Akmat yang memimpin rapat paripurna langsung menawarkan apakah anggota dewan lainya setuju atau tidak. “Apakah ada yang keberatan dengan susunan AKD, saudara,saudara,saudara,” ujar Politisi PPP.

“Setujuuuuu,” jawakan anggota dewan diruang rapat Paripurna.

Sidang kemudian ditutup dan dibacakan penetapan siapa saja pimpinan Alat Kelengkapan DPRD Kabupaten Lumajang oleh Sekretaris Dewan, Sutariyono. (har/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar