Politik Pemerintahan

Penginapan Gratis untuk Jemaah Haji Asal Kepulauan Sumenep Tak Diminati

Sumenep (beritajatim.com) – Bagi para.jemaah calon haji asal kepulauan Sumenep dan para pengantarnya, tidak perlu kebingungan lagi mencari tempat penginapan selama menunggu pemberangkatan ke tanah suci.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan Pemerintah Kabupaten Sumenep telah menyiapkan tempat penginapan secara gratis, mengingat untuk jemaah asal kepulauan, biasanya tiba di daratan beberapa hari sebelum pemberangkatan karena harus menyesuaikan dengan jadwal kapal.

“Jadi sambil menunggu hari ‘H’ pemberangkatan, sudah disiapkan tempat penginapan gratis di gedung Islamic Center, Batuan,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kemenag Sumenep, Moh Rifa’i Hasyim, Kamis (4/7/2019).

Namun sayangnya, lanjut Rifa’i, hingga saat ini fasilitas penginapan gratis yang sudah disiapkan itu tidak dimanfaatkan. Tidak ada satupun jemaah calon haji asal kepulauan maupun para pengantarnya yang mendaftarkan diri untuk menempati penginapan gratis tersebut.

“Sepertinya mereka lebih suka tinggal di rumah kerabatnya atau tinggal di hotel selama menunggu pemberangkatan, dibanding menempati penginapan gratis yang sudah kami siapkan,” ucap Rifa’i.

Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. 9 kecamatan diantaranya merupakan kecamatan kepulauan. Total Jemaah Calon Haji asal Sumenep tahun 2019 sebanyak 752 orang. Dari jumlah itu, 203 diantaranya berasal dari kecamatan kepulauan.

Para jemaah tersebut terbagi atas dua kloter (kelompok terbang), yakni kloter 06 sebanyak 445 orang dan kloter 07 sebanyak 307 orang. Untuk kloter 06, seluruhnya merupakan warga Sumenep. Sedangkan kloter 07 merupakan gabungan jemaah haji asal Sumenep dan Surabaya.

Para jemaah Calon Haji tersebut akan diberangkatkan bersamaan dari lapangan A. Yani Sumenep pada Minggu (7/7/2019) menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar