Politik Pemerintahan

Peringati Hari Lahir Pancasila

Penggemar Sepeda Tua Kediri Bantu Penyandang Difabel

Kediri (beritajatim.com) – Komunitas Sepeda Tua Indonesia atau Kosti Pengkab/Kota Kediri, untuk memperingati Hari Lahir Pancasila tahun ini dengan kegiatan yang berbeda. Bila sebelumnya Kosti mengadakan Upacara Bendera, kini para penggemar sepeda kuno menyalurkan bantuan sosial kepada warga terdampak covid-19, khususnya penyandang disabilitas di Kabupaten Kediri.

Bantuan berupa beras yang disalurkan kepada Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri tersebut, adalah hasil “urunan” anggota Kosti Kediri sendiri. Sebenarnya beras akan disalurkan 1 Juni kemarin, tepat Peringatan Hari Lahir Pancasila. Karena ada sesuatu hal, maka penyaluran baru bisa dilakukan hari ini, Selasa (2/6/2020).

“Sejak dibuka dompet peduli Kosti Kediri dua minggu lalu, sudah terkumpul uang Rp. 1,5 juta. Uang tersebut lalu dibelikan beras dan selanjutnya disalurkan kepada saudara kita penyandang disabilitas. Rencanya akan diserahkan tepat padi Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni kemarin”kata Muji Harjita, Ketua Kosti Pengkab/Kota Kediri.

Menurut Muji, tahun-tahun sebelumnya, Kosti Kediri dalam memperingati Hari Lahir Pancasila dengan menggelar Upacara bendera secara mandiri atau ikut bergabung di Situs nDalem Pojok, rumah masa kecil Bung Karno. “Karena pandemi ini, maka peringatan Hari Lahir Pancasila diganti dengan menggelar bakti sosial berupa menyalurkan bantuan beras kepada saudara kita penyandang disabilitas”tambah Muji.

Ditambahkan oleh Muji, meski bantuan sudah disalurkan, Dompet Kosti Kediri Peduli masih tetap dibuka. Siapapun, baik anggota Kosti Kediri maupun para dermawan lainnya, boleh menyumbang, boleh uang atau barang beruba beras atau lainnya. “Bantuan ini sangat kecil bila dibandingkan dengan jumlah saudara kita yang tergabung di PDKK yang berjumlah sekitar 200 orang. Tapi sumbangsih kami yang kecil ini, semoga bisa bermanfaan dan pandemi ini segera berakhir”pungkas Muji.

Sementara itu Umi Salamah, Ketua PDKK (Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri berterima kasih dengan bantuan yang diberiken oleh Kosti. Dimasa pandemi Covid-19 ini, PDKK juga telah mendapatkan sejumlah bantuan, termasuk dari Pemerintah Kabupaten Kediri. [nm/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar