Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pengesahan Bersama RPJMD Jember Kemungkinan Pertengahan September 2021

Paripurna Rancangan Awal RPJMD Jember di gedung parlemen.

Jember (beritajatim.com) – DPRD Jember berkomitmen agar Peraturan Daerah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jember, Jawa Timur, 2021-2026 segera disahkan dalam waktu dekat.

Saat ini pengesahan bersama perda itu mengalami keterlambatan dari jadwal 26 Agustus 2021. “Prediksi saya pembahasan RPJMD (di DPRD Jember) memakan waktu 10-15 hari. Pertengahan September insya Allah sudah selesai,” kata Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, Rabu (25/8/2021).

Itqon menyadari Perda RPJMD penting karena menjadi acuan Kabupaten Jember selama lima tahun ke depan. “Tapi kami tidak mungkin melanggar tata tertib di internal Dewan dan prosedur yang sudah digariskan. Kami tetap prosedural,” katanya.

Surat Rancangan Akhir Peraturan Daerah RPJMD itu sudah dilayangkan pada Senin, 23 Agustus 2021. “Kami sesuai dengan mekanisme internal DPRD, sudah melakukan rapat pimpinan dan berencana mengumpulkan ketua-ketua fraksi agar bisa satu frame. Pansus juga akan melakukan rapat internal dengan tenaga ahli DPRD Jember, sekaligus minta tenaga ahli untuk memberi catatan-catatan kritis perihal raperda itu,” kata Itqon.

Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim mengatakan, parlemen diberi waktu 30 hari untuk membahas dan menyelesaikan sampai proses paripurna akhir penetapan. “Di tata tertib, ada empat paripurna yang dijadwalkan Badan Musyawarah DPRD Jember yakni paripurna penyampaian nota pengantar bupati, sidang paripurna pandangan umum fraksi terhadap nota pengantar bupati, dan sidang paripurna jawaban bupati terhadap pandangan umum fraksi,” katanya.

Paripurna terakhir adalah penetapan raperda yang akan dilakukan setelah pembahasan Pansus RPJMD bersama tim pemkab. “Pansus akan mengundang stakeholder yang ada,” kata Halim. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar