Politik Pemerintahan

Pengambilan Sumpah ASN via Vidcon, Bentuk Edukasi pada Masyarakat

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengambil sumpah ASN

Sumenep (beritajatim.com) – Bupati Sumenep, A. Busyro Karim melakukan pengambilan sumpah dan janji aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab setempat, Selasa (12/05/2020).

Hanya saja, acara tersebut tidak berlangsung seperti biasanya, karena dilakukan di 13 lokasi dan menggunakan fasilitas video conference (vidcon).

“Tahun ini, pengambilan sumpah ASN memang tidak di Pendopo Agung ataupun di Gedung KORPRI, karena sekarang pandemi Covid-19. Kami harus mematuhi protokol kesehatan dengan mencegah kerumunan dan jaga jarak, demi mencegah penyebaran Covid-19,” kata A. Busyro Karim.

Ada 13 lokasi yang digunakan untuk pengambilan sumpah ASN. Diantaranya ruang Arya Wiraraja dan ruang Adirasa di Kantor Bupati Sumenep, serta delapan titik di ruang rapat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan tiga titik di Pendopo Kecamatan Kepulauan, masing-masing Kecamatan Arjasa, Sapeken dan Kecamatan Gayam.

“Pengambilan sumpah atau janji ASN di beberapa tempat ini untuk mengajak masyarakat mematuhi dan disiplin protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan tidak mengadakan acara dengan mengumpulkan massa di satu tempat,” ujar Busyro.

Dari 349 ASN yang diambil sumpahnya, 120 di antaranya merupakan tenaga kesehatan, 153 orang merupakan tenaga pendidik, dan 76 orang lainnya merupakan tenaga teknis.

‘Salah satu yang bisa dilakukan ASN saat ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat, guna mengantisipasi penyebaran covid-19, yakni dengan hidup bersih dan sehat. Kemudian selalu mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, dan lebih baik di rumah saja jika tidak ada kepentingan yang mendesak,” ucapnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar