Politik Pemerintahan

Pengamatan Batin Persada: Ini Cabup Sidoarjo yang Dipilih Rakyat

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sebuah pengamatan batin mengilhami penganut Persatuan Sapta Darma (Persada) terhadap Pilbup Sidoarjo yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Dalam pengamatan batin mereka, tokoh yang akan memimpin Sidoarjo adalah sosok yang visioner dan mampu merangkul semua golongan.

Wakil Ketua Litbang Persada Pusat Dr Otto Bambang Wahyudi mengatakan, ada sosok yang jelas mengilhami pengamatan batinnya terhadap Pilbup Sidoarjo mendatang.

Sosok tersebut, selain visioner juga memiliki karakter yang mampu diterima berbagai kalangan, baik golongan nasionalis maupun religius.

“Saya tidak sebutkan namanya, itu mendahului kenyataaan. Tapi yang pasti itu sosok nasionalis religius,” kata Dr Otto saat ditemui, Minggu (29/11/2020) malam.

Lebih lanjut Otto menjelaskan, harapannya kedepan terhadap pemimpin baru Sidoarjo ialah diberikan ruang ekspresi bagi penghayat kepercayaan.

Pihaknya yakin, kelompoknya tersebut kedepan dapat berkembang dan eksis jika terjadi kerukunan antar semua elemen masyarakat. Tanpa rasa curiga mencurigai dalam hal apapun dan berpikirnya tidak negatif.

“Karena prinsipnya, kelompok penghayat hanya memiliki kaitan dengan hubungan sesama manusia. Sementara hubungan dengan Tuhan kembali ke pribadi masing-masing,” tutur Otto yang juga dosen pasca sarjana Universitas Dr Soetomo.

Otto juga berharap, keberadaan penghayat kepercayaan mendapat perhatian dari pemerintah. Sehingga eksistensi penghayat kepercayaan tidak seolah-olah sendiri.

“Contohnya suroan, sebagai hari besar penghayat kepercayaan kami ingin diberi kesempatan untuk mengekspresikan perayaan tersebut,” pungkas Otto. (isa/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar