Politik Pemerintahan

Pengamat Prediksi Zulhas Lepas Amien Rais tapi Akomodasi Mulfachri

Jakarta (beritajatim.com) – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan perlahan-lahan mulai melepaskan diri dari pengaruh tokoh sentral PAN Amien Rais.

Pasca terpilih sebagai ketum untuk kedua kalinya, kongres memutuskan nama Hatta Rajasa sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai.

Pengamat Politik Dedy Kurnia Syah menyebut, pemilihan Hatta merupakan indikasi kuat Zulhas ingin keluar dari bayang-bayang Amien Rais.

“Dan keputusan Zulhas menempatkan Hatta sepertinya agar ada penyegaran juga keleluasaan dalam mengambil kebijakan-kebijakan yang lebih dinamis bagi PAN, Hatta cenderung berada di poros tengah jika dibandingkan dengan Amien Rais. Tentu saja, meredam dari pengaruh politik di Internal Parpol,” kata Dedy.
Baca juga
Kader: Kronologi Zulkifli Bawa Kabur Palu Sidang 353 DPD PAN Diklaim Dukung Mulfachri-Hanafi Zulkfli Enggan Tanggapi Teguran ‘Lanjutkan’ Amien

Namun beda soal dengan Mulfachri Harahap, kompetitor Zulhas di Kongres. Dedy melihat jika harus meredam Mulfachri, hitung-hitungan politiknya akan lebih besar.

“Satu sisi kisruh yang libatkan Mulfachri secara langsung, memang bisa jd alasan it tidak dianggap layak berada di struktural PAN. Tetapi koridor politik punya logikanya sendiri, Mulfachri miliki basis pendukung yang cukup signifikan, terlebih telah dipilih Hatta di posisi MPP, tentu pengaruh Amien Rais yang hilang akan beralih ke Mulfachri,” ungkapnya.

Untuk itu demi kemaslahatan PAN, dan membaca corak kepemimpinan Zulhas, mungkin saja Mulfachri akan dilibatkan. [fad/inilah.com]





Apa Reaksi Anda?

Komentar