Politik Pemerintahan

Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Mojokerto Periode 2019-2024 Digelar

Mojokerto (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto menggelar rapat pleno terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Mojokerto periode 2019-2024 di salah satu hotel di Kota Mojokerto, Senin (22/7/2019).

Komisioner KPU Kota Mojokerto, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Tri Widya Kartika mengatakan, rapat pleno terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Mojokerto periode 2019-2024 berdasarkan Surat Edaran KPU RI dan PKPU.

“Yakni Surat Edaran KPU RI Nomor 1027 tanggal 17 Juli 2019 terkait Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Mojokerto periode 2019-2024 serta PKPU Nomor 14 Tahun 2019 tentang Tahapan Jadwal Tahapan dan Program,” ungkapnya.

Untuk melaksanakan rapat pleno terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Mojokerto periode 2019-2024, lanjut Widya, maksimal lima hari sejak diterima Surat Edaran dari KPU RI oleh KPU Kota Mojokerto.

“Setelah penetapan ini, tiga hari kedepan kita akan umumkan di media dan pengajuan untuk pengusulan pelantikan calon terpilih ke Gubenur tapi melalui Walikota. Surat tembusan Gubenur terkait persyaratan administrasi juga sudah kita terima,” katanya.

Masih kata Widya, semua sudah siap dan H+2 pihaknya akan mengirim surat ke Walikota Mojokerto untuk pengajuan pelantikan. Pasalnya, masa jabatan anggota DPRD Kota Mojokerto periode 2014-2019 tanggal 27 Agustus mendatang sudah habis.

“Sehingga tugas kita tinggal mengumumkan dan pengajuan untuk pengusulan pelantikan. Pelantikan kewenangan Gubernur, bukan rananya KPU. Kita hanya pengusulan pelantikan, masalah kapan dan dimananya itu sudah rananya Gubenur,” tuturnya.

Widya menambahkan, tidak ada kekosongan di DPRD Kota Mojokerto karena masih ada waktu satu bulan. Menurutnya, semua sudah siap termasuk berkas dan legalisir. KPU Kota Mojokerto hanya tinggal mengirim karena memang KPU Kota Mojokerto sudah siap penetapan.

“LHKPN alhamdulillah semua caleg yang terpilih itu sudah mengumpulkan dan lengkap. Kita sudah verifikasi, sudah ada teknis per calon dan semua sudah lengkap. Syarat mutlak sebelum penetapan kemarinpun, setelah perolehan suara sudah dihitung sendiri dan tidak ada halangan,” lanjutnya.

Widya menambahkan, termasuk laporan dana kampanye untuk Kota Mojokerto juga sudah clear. Dalam rapat pleno terbuka tersebut tidak ada yang keberatan dan tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) sehingga tahapan Pemilu serentak 2019 di Kota Mojokerto sudah selesai.

Ada 25 anggota DPRD Kota Mojokerto terpilih periode 2019 – 2024 yang ditetapkan. Anggota terbanyak dari Fraksi PDI Perjuangan dengan lima kursi, Fraksi PKB dan Golkar masing-masing empat kursi. Fraksi Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat masing-masing tiga kursi. Gerindra dan PKS masing-masing dua kursi. Nasdem dan PPP sama-sama mendapatkan satu kursi. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar