Politik Pemerintahan

Terdampak Covid-19

Penerima KKS Bisa Belanja di E-Warung

Lumajang (beritajatim.com) – Kementerian Sosial RI memberikan Program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang belum terdata dalam bantuan baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Pemerintah Daerah. Bantuan ini selama 9 bulan dan bisa dibelanjakan di E-Warung pemerintah untuk sembako.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang menyerahkan secara simbolis KKS tersebut menjelaskan, masyarakat akan mendapatkan bantuan senilai Rp 200 ribu/bulan selama 9 bulan. Warga bisa membelanjakan uang tersebut di E-Warung yang sudah ditunjuk.

“Bapak dan Ibu nanti akan diberikan dua ratus ribu untuk satu bulan, selama 9 bulan. Itu nanti digunakan di E-Warung. Nanti tinggal bawa kartunya untuk membeli sembako di sana,” ungkapnya saat menyerahkan KKS di Balai Desa Karangbendo, Kecamatan Tekung, Jumat (15/5/2020).

Bupati menyampaikan masyarakat tidak perlu mengurus pembuatan rekening untuk mendapatkan KKS. Pemerintah telah bekerjasama dengan BNI memberi kemudahan untuk melakukan proses pembuatan rekening dan kartu ATM yang digunakan sebagai KKS.

Selain itu, dalam kesempatan itu Bupati Lumajang juga kembali melakukan pemantauan terhadap data masyarakat yang memperoleh bantuan pemerintah agar tidak ada masyarakat yang menerima bantuan secara dobel. Dirinya meminta agar data di informasikan secara terbuka dan transparan kepada masyarakat.

Kepala Desa Karangbendo Muniri menjelaskan saat ini pemerintah desa telah melakukan validasi data agar tidak ada tumpang tindih data penerima bantuan. Pihaknya sudah setiap malam sudah melakukan pemisahan data, agar tidak ada yang menerima dobel, semua menerima satu-satu. “Kami upayakan, Insy Allah sudah tidak ada yang dobel,” pungkasnya. [har/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar