Politik Pemerintahan

Penentuan Elevasi Siaga Banjir Bengawan Solo Selisih

Tren air Sungai Bengawan Solo siaga, aktifitas perahu penyeberangan warga di Taman Bengawan Solo masih berlangsung

Bojonegoro (beritajatim.com) – Tren ketinggian air Sungai Bengawan Solo di wilayah Kabupaten Bojonegoro mengalami kenaikan. Statusnya hingga siang sudah masuk di level siaga. Sesuai dengan data elevasi siaga banjir yang lama, Bengawan Solo di Bojonegoro sudah masuk siaga 1 (hijau).

Namun, dalam penetapan elevasi siaga banjir Sungai Bengawan Solo ini ada selisih antara Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro. Sesuai data BBWS kini sudah masuk siaga 2 (kuning) karena tren air berada di titik 13.40 meter pada pukul 12.00 WIB.

BPBD Bojonegoro dalam penetapan level siaga di wilayah Bengawan Solo masih menggunakan data lama, yakni untuk di wilayah Bojonegoro, siaga 1 (Hijau) di titik 13.00 meter, Siaga 2(Kuning) 14.00 meter dan Siaga 3 (Merah) 15.00 meter.

Sedangkan, penetapan siaga di papan duga wilayah Karangnongko, level siaga 1 (hijau) berada di titik 29.00 meter. Siaga 2 (Kuning) di titik 29.50 meter. Sedangkan siaga 3 (Merah) berada di titik 30.00 meter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro Nadif Ulfiah mengatakan, saat ini penentuan level siaga masih menggunakan aturan lama yakni sesuai penetapan tahun 2019.

“Iya, ada ketentuan baru dari BBWS, namun karena belum ada pemberitahuan resmi, melalui surat kepada Bupati dari BBWS, atas koordinasi dengan BBWS, kami memakai yang lama dulu,” ujarnya, Jumat (5/2/2021).

Sementara Staf Operasional UPT PSDA di Bojonegoro Budi Endro mengungkapkan hal yang sama. Saat ini, memang ada aturan baru penetapan level siaga di wilayah Bengawan Solo. Namun, belum ada pemberitahuan secara resmi sehingga masih menggunakan data lama.

Sementara Pejabat Pengambil Komitmen, Operasional dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (PPK OP SDA) wilayah hilir BBWS Bengawan Solo, Antonius Suryono mengatakan, surat perubahan penentuan tingkat elevasi siaga banjir di Sungai Bengawan Solo sudah dikirimkan ke pemerintah daerah (pemda) masing-masing. “Suratnya sudah disampaikan ke seluruh pemda,” ujarnya dihubungi Jurnalis beritajatim.com. [lus/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar