Politik Pemerintahan

Pendistribusian BLT-DD di Pamekasan Dijadwalkan Tuntas 23 Mei 2020

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam menyampaikan proses pendistribusian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi warga terdampak Covid-19 di wilayah setempat, dijadwalkan tuntas pada Selasa (23/5/2020) mendatang.

“Sesuai serap aspirasi bersama para kepala desa dari 13 kecamatan berbeda di Pamekasan, proses pendistribusian BLT-DD bagi warga terdampak Covid-19 dijadwalkan tuntas pada tanggal 23 Mei (2020) mendatang,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam.

Diakuinya, saat ini terdata sebanyak 56 desa yang sudah melakukan proses pendistribusian dan diserahkan langsung oleh aparat desa ke rumah masing-masing warga di desa setempat, khususnya bagi warga yang terdata sebagai penerima manfaat.

“Penerima BLT-DD ini merupakan warga terdampak Covid-19, khususnya warga kurang mampu dan tidak termasuk sebagai penerima bantuan dalam program sosial lainnya, semisal program PKH maupun program sosial lainnya,” ungkap pria yang akrab disapa Ra Badrut.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menegaskan bahwa penerima BLT-DD tersebut, merupakan warga yang tidak memiliki penghasilan akibat wabah virus corona. Termasuk warga yang harus menerima pemutusan hubungan kerja alias PHK. “Tujuan bansos ini agar bisa meringankan beban sekaligus dapat dinikmati masyarakat terdampak,” jelasnya.

“Jadi saat pertemuan bersama seluruh kepala desa, kami sudah menginstruksikan agar proses pendistribusian bansos dapat direalisasikan sesuai target yang sudah kita sepakat bersama, yakni sesuai deadline pada 23 Mei (2020) mendatang,” tegasnya.

Berdasar update peta sebaran wabah virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Covid-19 Pamekasan, terdata sebanyak 11 orang dinyatakan positif Covid-19. Jumlah tersebut terdiri dari sebanyak enam orang sembuh, dua orang meninggal dunia dan tiga orang yang menjalani perawatan intensif di RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan.

Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terdata sebanyak 27 orang, terdiri dari sebanyak 16 orang PDP yang masih menunggu hasil swab Laboratorium Balitbangkes, serta sebanyak 11 PDP lainnya dinyatakan sembuh alias negatif Covid-19.

Sedangkan total Orang Dalam Pantauan (ODP), saat ini tersisa sebanyak 451 orang. Meliputi sebanyak 15 orang tengah dalam pantauan, serta sebanyak 436 orang dinyatakan selesai proses pantauan.

Sementara untuk titik sebaran Covid-19 di Pamekasan, terdata hanya sebanyak tiga dari 13 kecamatan yang bertahan dengan status zona hijau, yakni Kecamatan Kadur, Pasean dan Waru. Sedangkan 10 kecamatan lainnya tercover sebagai zona orange dan merah. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar