Politik Pemerintahan

Cegah Penyebaran Covid-19, Pelanggaran Lalin dan Kejahatan

Pendapa Sidoarjo Jadi Pusat Pengawasan Prokes dengan 1000 CCTV

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pemkab Sidoarjo menggandeng pelaku usaha untuk menjaga Kabupaten Sidoarjo tetap aman dan kondusif. Pelaku usaha diminta memasang CCTV (Closed Circuit Television) di tempatnya.

Aturannya, 75 persen penempatan kamera CCTV diarahkan ke ruas jalan dan 25 persen ke halaman tempat usahanya. Hal tersebut juga untuk mendukung gerakan mewujudkan 1000 CCTV antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha.

Gerakan 1000 CCTV yang dilakukan Pemkab Sidoarjo tidak hanya bertujuan untuk menjaga Kabupaten Sidoarjo tetap aman dan kondusif. Pengawasan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 juga menjadi salah satu tujuannya.

“Juga program mendukung Polri menerapkan e- tilang dan juga untuk mengurangi tingkat kejahatan maupun masalah-masalah sosial di Sidoarjo”, ujar Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono usai meninjau jalan rusak di Desa Rangkah Kidul, Kecamatan Sidoarjo, Sabtu (20/2/2021).

SE Pj Bupati Sidoarjo tentang Gerakan 1000 CCTV

Oleh karenanya CCTV yang dipasang oleh para pelaku usaha akan terhubung dengan Command Center Pemkab Sidoarjo yang berada di Pendapa Delta Wibawa. Selain itu juga akan terhubung dengan Command Center milik Polresta Sidoarjo untuk dapat saling mengawasi.

Saat ini surat edaran bupati tentang gerakan 1000 CCTV sudah diterbitkan. Surat edaran tersebut segera dikirim ke seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Pemasangan CCTV diharapkan segera direalisasikan perusahaan sejak satu bulan menerima surat edaran tersebut.

Hudiyono melalui surat edaran tersebut mengatakan, dibutuhkan dukungan semua pihak untuk mewujudkan Sidoarjo tetap aman dan kondusif. Salah satunya dukungan dari para pelaku dunia usaha. Oleh karena Pemkab Sidoarjo memiliki ide gerakan 1000 CCTV yang melibatkan dunia swasta.

“Nantinya CCTV yang terpasang setiap perusahaan akan terhubung dengan Command Center Polresta Sidoarjo dan Command Center Pemkab Sidoarjo. Dengan begitu kondisi yang terjadi dapat dipantau bersama,” terang Hudiyono. [isa/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar