Politik Pemerintahan

Pendaftaran CPNS Dibuka, Pemohon SKCK di Polres Gresik Membludak

Gresik (beritajatim.com) – Jumlah pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Gresik membludak. Hal ini menyusul dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebagian besar para pemohon didominasi oleh para milenial. Mereka rela mengantre mengikuti proses tahapan pengurusan SKCK.

Fasilitas meja kursi yang disediakan di sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) Polres Gresik di Jalan Basuki Rahmad Gresik. Sejak pagi penuh dengan para pemohon. Rata-rata mereka ingin memanfaatkan peluang pekerjaan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Urusan Administrasi dan Tata Usaha (Kaurmintu) Polres Gresik Aiptu Sulaiman mengatakan, rata-rata sehari pemohon yang mengurus SKCK naik dua kali lipat. “Dalam sehari pemohon yang mengurus SKCK buat mendaftar CPNS hampir 200 orang. Jumlah tersebut naik tiga kali lipat dibanding hari normal yang hanya mencapai 50 orang,” katanya, Kamis (14/11/2019).

Dengan membludaknya jumlah pemohon, membuat jam pelayanan SKCK diperpanjang. Bila hari biasanya mulai pukul 08.00 pagi sampai 14.00 WIB. Kini dibuka sampai pukul 16.30 WIB. “Karena pengurusan SKCK harus jadi dalam waktu sehari. Maka kami memperpanjang jadwal pelayanan sampai pukul 16.30 sore,” imbuh Sulaiman.

Sulaiman mengungkapkan, dalam setiap pengurusan SKCK baik itu baru maupun perpanjangan di Polres Gresik, hanya membutuhkan waktu selama 5 menit. Asal semua berkas persyaratan sudah lengkap. “Kalau belum lengkap membutuhkan waktu sekitar 30 menit,” ungkapnya.

Dari mulai mengisi blangko permohonan, sidik jari sampai dengan pencetakan dokumen SKCK. Pemohon juga bisa melakukan registrasi secara online. “Untuk mengisi blangko, dan ketika datang tinggal melakukan sidik jari. Ini bisa dilakukan dengan registrasi online dan membawa foto kopi KTP, KK (Kartu Keluarga), serta foto diri ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar,” ujar Sulaiman.

Nabela Rosida (23), warga asal Desa Pasinan, Kecamatan Wringinanom, Gresik, mengaku mengurus SKCK untuk mendaftar CPNS yang dibuka oleh Pemkab Gresik. “Saya mau daftar CPNS di Pemkab Greskk. Alhamdulillah pengurusan SKCK-nya cepat, meski harus mengantre. Sebab, yang mengurus juga banyak,” pungkasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar