Politik Pemerintahan

Pencairan Gaji Ke-13, Pemkab Ponorogo Tunggu Pemerintah Pusat

Kepala BPPKAD Ponorogo Bambang Tri Wahono(foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Hingga pertengahan bulan Juli ini, Pemerintah Pusat belum memberikan petunjuk terkait pencairan gaji ke-13 kepada Pemerintah Daerah. Padahal pada tahun-tahun sebelumnya gaji tersebut biasanya bisa dicairkan pada bulan Juni sampai maksimal Juli.

“Anggaran sudah ada, ini tinggal menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat,” kata Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Ponorogo Bambang Tri Wahono, Kamis (16/7/2020).

Bambang menceritakan pada tahun lalu, gaji ke-13 sudah dicairkan pada bulan Juli. Malah saat itu pencairannya sebelum tunjangan hari raya (THR). Meski belum ada petunjuk, Bambang mengaku pihaknya siap mencairkan gaji ke-13 tersebut. Selain itu, anggaran tersebut juga tidak ikut terpangkas karena realokasi terkait penanganan Covid-19. “Jadi biaya gaji ke-13 ini sudah teranggarkan penuh,” katanya.

Dalam membiayai gaji karyawannya, Pemkab Ponorogo harus menganggarkan puluhan miliar setiap tahunnya. Termasuk tahun ini, Pemkab setempat telah mengalokasikan dana tak kurang dari Rp 45 miliar. Dana itu sudah termasuk untuk gaji ke-13, tunjangan jabatan dan lainnya.

“Mungkin masih sibuk dengan pandemi, Pemerintah Pusat sampai saat ini masih belum memberi petunjuj terkait hal tersebut,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar