Politik Pemerintahan

Pencairan BLT DBHCT di Pamekasan Tunggu Validasi Penerima

Aksi buruh tani dan buruh pabrik rokok di depan Gedung DPRD Pamekasan, Jl Kabupaten 107, beberapa waktu lalu.

Pamekasan (beritajatim.com) – Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi buruh tani dan buruh pabrik rokok yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) di kabupaten Pamekasan, direncakanan segera cair dalam waktu dekat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Perekonomian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Sri Puji Astutik yang saat ini tengah melakukan proses pendataan calon penerima BLT DBHCT Tahun 2021.

“Saat ini kami bersama Disperindag dan DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan) Pamekasan, masih fokus melakukan pendataan penerima BLT DBHCT. Insya’ Allah dalam waktu dekat data penerima sudah rampung,” kata Sri Puji Astutik, Senin (6/9/2021).

Bahkan jika memungkinkan, program tersebut juga akan dilaksanakan dua kali. Sehingga tiap penerima akan mendapatkan dua kali dalam setahun. “Namun hal itu tergantung ketersediaan dana yang akan disesuaikan dengan jumlah sasaran,” ungkapnya.

Baca Juga:

    “Jika memungkinkan dapat dua kali, tapi tergantung kemampuan anggaran dengan cara non tunai atau ditransfer langsung ke rekening bank penerima. Tentunya sebagai langkah antisipatif terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” sambung Puji Astutik.

    Hanya saja hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan jenis bank yang akan dijadikan sebagai mitra penyalur, sekaligus menunggu proses pendataan calon penerima rampung. “Dana yang disiapkan untuk program ini bersumher dari DBHCT sebesar Rp 22 miliar, sementara alokasi untuk tiap penerima sebesar Rp 300 ribu,” jelasnya.

    “Jadi BLT ini nantinya akan disalurkan setelah proses verifikasi dan validasi data penerima rampung, sekaligus dapat mengurangi beban buruh tani dan buruh pabrik dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya. [pin/ted]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar