Politik Pemerintahan

Penanganan Longsor Kali Gandong Magetan Selesai Tahun Ini

Penanganan longsor Kali Gandong tepatnya belakang Masjid Baitussalam, Magetan, Senin (2/8/2021) (foto: Fatihah Ibnu Fiqri)

Magetan (beritajatim.com) – Progres penanganan longsor di Kali Gandong, Magetan sudah terlihat. Sudah ada pengecoran yang dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) untuk penanganan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang turut memantau memperkirakan proyek bakal selesai tahun ini.

‘’Karena ini ditargetkan selesai di tahun ini,’’ ungkap Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan Yuli Karyawan Iswahjudi, Senin (2/8/2021).

BBWS Bengawan Solo lakukan penanganan di tiga titik longsor Kali Gandong. Yakni Jalan Thamrin, belakang Masjdi Agung Baitussalam, dan kawasan Makam Ki Mageti.

‘’Pekerjaan tetap dilakukan. Sesuai dengan instruksi di PPKM Darurat, kalau pekerjaan fisik 100 persen boleh masuk, ‘’ ungkapnya.

Dia membenarkna kalau pengerjaan itu harus segera dilakukan untuk meminimalisir efek yang terjadi di musim hujan nanti. Apalagi hampir sepanjang tebing Kali Gandong rawan longsor.

Banyak warga yang menanganinya secara mandiri. Namun, karena untuk tiga titik yang jadi fokus mereka adalah tempat umum, maka perbaikan baru bisa dilakukan tahun ini.

‘’Kami dari DPUPR Magetan hanya memantau, dan dengan anggaran Rp 26 miliar, mereka (BBWSBS) harus bisa menyelesaikan ini dalam enam bulan,’’ ungkapnya.

Sebelumnya dua titik tersebut dilaporkan longsor pada tahun 2020. Khusus, untuk titik Jalan Thamrin sudah longsor sejak 2018 silam. (fiq/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar