Politik Pemerintahan

Penanganan Covid-19, Sumenep Anggarkan Rp 95 Milyar

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim

Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menganggarkan Rp 95,8 milyar untuk penanganan Covid-19 selama masa pandemi.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menjelaskan, anggaran tersebut akan dicairkan sesuai kebutuhan. Hingga saat ini memang baru beberapa persen saja yang dicairkan.

“Belum banyak yang dicairkan, karena ini sesuai kebutuhan. Bukan keinginan. Jadi dengan anggaran sebesar itu bukan berarti harus habis segitu, melainkan sesuai dengan situasi dan kondisi,” katanya, Jumat (24/04/2020).

Ia mengatakan, dalam penggunaan anggaran tersebut, pihaknya didampingi oleh aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) seperti kejaksaan dan kepolisian.

“Kami tidak ingin ada masalah di kemudian hari. Karena itu, dalam pelaksanaan program penanganan Covid–19 yang menggunakan anggaran itu, kami didampingi APIP,” terangnya.

Sementara Ketua DPRD Sumenep, Abd Hamid Ali Munir membenarkan adanya anggaran sebesar Rp 95,8 milyar untuk penanganan Covid-19. Anggaran tersebut ada dalam pos anggaran tak terduga.

“Anggaran itu didistribusikan ke rumah sakit, dinas kesehatan, atau instansi lain termasuk aparat keamanan, yang memerlukan untuk penanganan Covid-19 di Sumenep. Anggaran ini satu pintu di pos anggaran tak terduga,” paparnya.

Menurutnya, anggaran sebesar itu sebagai bukti bahwa Sumenep tidak main-main untuk mempertahankan zona hijau. Jajaran pemerintahan di Sumenep, baik eksekutif maupun legislatif sudah satu komando dalam menangani Covid-19.

“Kami semua tidak ingin ada penyebaran virus itu di Sumenep. Jadi semua pihak harus saling mendukung, agar Sumenep tetap berada di zona hijau,” tandasnya. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar