Politik Pemerintahan

Hanya Terima 10 Ribu Blangko E-KTP

Pemula dan Pemegang Suket Prioritas E-KTP di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Pamekasan, menerima sebanyak 10 ribu keping blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik alias E-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

“Saat ini kita sudah menerima kiriman jatah blangko E-KTP sebanyak 10 ribu keping dari Pemerintah Pusat (Kemendagri RI), padahal sebelumnya kami mengajukan sebanyak 63 ribu keping,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dispenduk Capil Pamekasan, Mohammad Alwi, Kamis (30/1/2020).

Dari itu pihaknya menyampaikan bakal memprioritaskan keberadaan blangko E-KTP untuk para pemula, menyusul karena keterbatasan jumlah blangko yang diterima dari Kemendagri. “Untuk sementara kita akan memprioritaskan bagi pemula, karena bisa saja sebagai keperluan pilkada,” ungkapnya.

“Seperti kita ketahui bersama, ketersediaan blangko E-KTP saat ini diterapkan bertahap. Jika blangko sudah habis, kita akan kembali mengajukan ke Kemendagri. Sekalipun jumlah kebutuhan jauh lebih banyak dibandingkan distribusi yang kami terima,” jelasnya.

Pihaknya juga menegaskan jika prioritas bagi pemula maupun pemilik surat keterangan alias suket sesuai dengan ketentuan dari pemerintah pusat. “Jadi prioritas percetakan E-KTP wajib bagi pemula dan pemilik suket, apalagi sebelumnya sudah melakukan perekaman E-KTP,” tegasnya.

Tidak hanya itu, pria yang juga menjabat sebagai Inspektorat Pemkab Pamekasan menyampaikan jika pelayanan identitas tersebut sudah mulai dilakukan sejak Senin (27/1/2020) lalu. “Semua pelayanan dipusatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Islamic Centre, termasuk proses layanan E-KTP,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar