Politik Pemerintahan

Pemugaran RTLH Kegiatan EJGSI Zona 5 di Mojokerto Selesai

Pjs Bupati Himawan Estu Bagijo menyerahkan kunci RTLH. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pjs Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo, menyerahkan secara seremonial kunci Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta penutupan kegiatan East Java Green Scout Innovation (EJGSI) Zona 5 Kabupaten Mojokerto tahun 2020 di Gedung SMPN 2 Desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Ketua Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Mojokerto, Didik Chusnul Yakin mengatakan, kegiatan dalam EJGSI 2020 salah satunya bedah rumah tidak layak huni sebanyak tujuh unit yang mulai dilakukan pada tanggal 27 Juli 2020 lalu. Biaya pemugaran per rumah sebesar Rp50 juta.

“Dari 7 rumah, alhamdulillah kita bisa tambah 1 rumah lagi dari menghimpun dana bersama. Kita juga melakukan pembagian 100 unit tempat sampah, 1 unit gerobak sampah, pengecatan gapura, juga ada pembagian 150 paket bahan pangan,” ungkapnya, Selasa (29/9/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Himawan Estu Bagijo mengenalkan diri sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Mojokerto, yang ditunjuk Gubernur Jawa Timur untuk melaksanakan program kerja di Kabupaten Mojokerto. Yakni tata kelola pemerintahan, pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan penanggulangan Covid-19.

“Saya baru 3 hari ada di Kabupaten Mojokerto untuk melaksanakan tugas Pjs Bupati Mojokerto. Yakni tata kelola pemerintahan, pilkada dan penanggulangan Covid-19. Kita tidak bisa anggap remeh Covid, karena virus ini telah berkembang menjadi generasi tiga,” katanya.

Masih kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur ini, Covid-19 sangat rentan menyerang orang dengan komorbid atau penyakit bawaan seperti peneumonia (khususnya pernafasan). Namun saat ini, lanjut Pjs Bupati, semua wajib bermasker dan patuh protokol kesehatan secara lengkap.

“Kami sampaikan penghargaan setinggi-tingginya pada Gubernur Jawa Timur melalui Pemprov Jatim, karena telah mengalokasikan anggaran yang cukup bagi Gerakan Pramuka Jawa Timur. Penghargaan yang sama juga diberikan kepada Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Khususnya Komisi E, lanjut Pjs Bupati, yang telah mendukung rancana kerja dan proker Gerakan Pramuka Jawa Timur melalui mekanisme APBD Provinsi Jawa Timur 2020. Serta pada Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur yang telah menunjuk Kwarcab Gerakan Pramuka Mojokerto selaku tuan rumah EJGSI Zona 5 tahun 2020.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarda Jatim, AR Purmadi mengungkapkan harapan besarnya agar Gerakan Pramuka dapat terus memberi manfaat bagi masyarakat. “EJGSI ini adalah inovasi, yang kami harapkan dapat membantu masyarakat dan mampu meningkatkan citra positif Gerakan Pramuka dalam kehidupan bersama,” tuturnya.

Gerakan Pramuka diarahkan pada berbagai program berupa pendidikan mental dan kepribadian, keterampilan, serta karya bhakti untuk masyarakat dalam bidang pelestarian lingkungan hidup, peningkatan perekonomian keluarga, kesehatan, pendidikan juga sosial budaya,” tegasnya. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar