Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pemugaran Cagar Budaya Gedung GNI Gresik Dilanjut

Gresik (beritajatim.com) – Pemugaran cagar budaya Gedung Nasional Indonesia (GNI) di Jalan Pahlawan Gresik kembali dilanjut setelah sempat terhenti. Saat ini, pemenang tender yang mengerjakan itu sudah didapat dengan nilai penawaran Rp 3 miliar dari APBD 2022.

Dari total anggaran tersebut, dipakai untuk penataan landscape dan finishing bangunan. Sebagai pemenang lelang, CV Jamus Manshurin yang nantinya melaksanakan kontruksi bangunan gedung GNI.

Konstruksi tersebut lebih difokuskan pada penataan taman, hiasan-hiasan atau ornamen, dan penunjang gedung lainnya. Kemudian, finishing terhadap pekerjaan gedung di tahun sebelumnya juga dikerjakan. Tahun lalu, pengerjaan bangunan cagar budaya tersebut sudah dilakukan. Meski tidak boleh diubah secara total karena masuk cagar budaya.


Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Gresik Ida Lailatus Sa’diyah mengatakan, saat ini pemenang lelang sudah ada. Tinggal menyelesaikan tahapan, kemudian bisa mengerjakan di lapangan. “Bulan depan finishing GNI sudah bisa dimulai. Kemudian bisa selesai pada tutup tahun 2022. Targetnya tahun ini selesai, karena pekerjaan hanya dua tahun,” katanya, Senin (25/7/2022).

Ia menambahkan, gedung GNI termasuk cagar budaya di Gresik. Untuk itu, sejak awal dalam proses pengerjaan melibatkan tim arkeolog. Sebelum dikerjakan lebih dulu dilakukan perekaman. “Ada beberapa unsur yang diganti karena sudah tidak layak. Tapi ada juga yang dipertahankan,” imbuhnya.

Perlu diketahui, dalam APBD 2021 kemarin Pemkab Gresik menganggarkan Rp 2,3 miliar untuk pemugaran cagar budaya gedung GNI. Nantinya, setelah gedung jadi, akan digunakan untuk pusat kegiatan seni di lantai pertama, sedangkan lantai dua untuk pusat informasi seni dan budaya. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar