Politik Pemerintahan

Pemprov Kucurkan Dana Stimulan Rp 5 M untuk 100 Unit Wisata BUMDes

Surabaya (beritajatim.com) – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jatim, Mohamad Yasin memastikan, Pemprov Jatim akan memberikan dana stimulan Rp 50 juta per unit wisata yang dimiliki 100 BUMDes di Jatim. Total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 5 miliar.

“Jadi, ada 100 unit wisata milik BUMDes dari 479 desa wisata se-Jatim yang akan diurus DPMD Jatim. Sisanya, ada desa wisata yang merupakan milik Pokdarwis (diurus Disbudpar Jatim) dan desa wisata milik swasta,” kata Yasin kepada wartawan di kantornya, Senin (6/7/2020).

Menurut Yasin, selama pandemi Covid-19 seluruh desa wisata di Jatim memang diminta untuk tutup operasional. “Kebijakan untuk buka kembali diserahkan ke masing-masing daerah, terutama yang zona hijau bisa dibuka kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya.

“Stimulus Rp 5 miliar itu untuk membangkitkan sektor wisata. 100 unit wisata itu hampir ada di semua kabupaten. Anggaran itu ditransfer lewat Bantuan Keuangan Pemerintah Desa. Ini karena Bumdes harus melalui APBD Desa. Silakan anggaran itu untuj membangun apa saja, asalkan bisa menunjang sektor pariwisata,” jelasnya.

Desa wisata menjadi sektor yang dipersiapkan matang dalam penerapan tatanan kenormalan baru. Desa wisata yang diharapkan menjadi pengungkit ekonomi berbasis masyarakat dan kearifan lokal juga tengah dipersiapkan untuk kembali lagi dibuka.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan total ada sebanyak 479 titik desa wisata di Jawa Timur. Sebelum dibuka secara bertahap, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan bahwa setiap destinasi desa wisata sudah memenuhi standar protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Kita akan memberikan support khususnya dalam hal penegakan protokol kesehatannya. Kita kirimkan thermal gun, face shield dan masker untuk petugas yang berjaga, dan juga fasilitas seperti sarana untuk mencuci tangan,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (5/7/2020).

Tidak hanya itu, Pemprov Jatim juga akan memberikan support berupa hand sanitizer dan juga sabun untuk memudahkan pengunjung yang datang ke desa wisata bisa mudah mengakses pembunuh virus. Serta, yang tak ketinggalan juga adalah APD dan perangkat desinfektasi.

Pengiriman bantuan tersebut dikoordinasikan bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jatim dan juga Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim. (tok/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar