Politik Pemerintahan

Pemprov Jatim Segera Prioritaskan JLS

Malang (beritajatim.com) – Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur akan memprioritaskan pembangunan lanjutan Jalur Lintas Selatan (JLS).

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak mengatakan, keberadaan JLS sangat penting untuk menghubungkan antar daerah, terutama di pesisir Selatan. Konektivitas antar daerah akan semakin mudah dengan tuntasnya pembangunan JLS itu.

“Cuma yang jelas itu prioritas kita untuk lima tahun kedepan. Bahkan untuk Malang ke Pacitan sebagai bagian dari koridor Jogja, Prigi, Blitar, Malang wilayah pengembangan strategis yang telah ditetapkan oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah kita ingin itu lebih cepat lagi,” ungkap Emil kepada awak media di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Minggu (24/2/2019).

Putra dari pasangan Hermanto Dardak dan Sri Widayati itu menegaskan, penuntasan pembangunan JLS merupakan bagian dari komitmen pemerintahannya.

“Sudah menjadi komitmen bu Khofifah (Gubernur Jatim) dan saya bersama pemerintah pusat untuk mendorong agar ini selesai. Artinya, bagaimana Malang konek ke Blitar, katanya masih ada 15 kilometer. Terus di internal Blitar itu dikerjakan tahun ini, Tulungagung-Trenggalek juga. Kita mau petakan sisanya dan lihat sumber pendanaannya dari mana,” tegaskan.

Emil melanjutkan, seharusnya tidak ada lagi kendala untuk melanjutkan pembangunan JLS tersebut. Meski demikian, pihaknya akan melakukan pengecekan kembali perihal pendanaan pembangunan JLS.

“Tadi kami cek ke pak Sanusi (Plt Bupati Malang), bahwa IPPKH (Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan) nya sudah diperoleh, bahkan dulu sudah dilakukan tukar menukar kawasan, artinya itu sudah terasa dimiliki Kabupaten Malang. Nah, ini kami lagi ngecek strategi pendanaannya, kan untuk tahap sekarang dari Bank Pembangunan Islam, Islamic Development Bank,” Emil mengakhiri. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar