Politik Pemerintahan

Pemprov Jatim Perbaiki Ruas Jalan Jember yang Ambrol Tahun Ini

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memperbaiki ruas Jalan Sultan Agung di bantaran Sungai Jompo, Kabupaten Jember, yang ambrol tahun ini. Pemerintah Kabupaten Jember tak perlu mengeluarkan anggaran perbaikan.

“Jadi untuk pembangunan ruas jalan yang rusak dan dinding penahan sungai itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan provinsi. Kalau soal besaran anggaran, baru diketahui setelah kami bertemu Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan BPJN (Balai Pelaksanaan Jalan Nasional),” kata Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto, Rabu (19/8/2020).

Ruas jalan akan dikembalikan seperti sedia kala. “Ini akan selesai pada 2020, maksimal Desember nanti,” kata David.

Pemerintah Provinsi Jatim meminta agar ada sosialisasi terhadap masyarakat terkait bangunan yang masih ada di tepi sungai. “Itu harus dihapus dari aset pemerintah daerah. Temuan DPRD Jember, aset (di pertokoan Jompo yang ambruk sebagian) masih tercatat milik Pemkab Jember. Orang-orang di situ menempati dan sewa,” kata David.

Setelah diperbaiki, kata David, tidak boleh ada lagi bangunan di tepi Sungai Jompo. “Kalau memungkinkan nanti akan dijadikan taman kota, karena berbatasan dengan sungai,” katanya.

Bagaimana dengan toko-toko yang masih tersisa di dekat sungai? “Itu nanti tergantung dari jarak dari bantaran sungai. Ketika tidak membahayakan bantaran sungai, maka itu tak akan diutik-utik. Tapi ketika itu mengganggu bantaran sungai, maka akan direlokasi,” kata David.

Sebagaimana diberitakan, sebagian kompleks pertokoan Jompo Shopping center di Jalan Sultan Agung ambrol, Senin (2/3/2020). Jalan Sultan Agung adalah jalan nasional dan salah satu jalan protokol. Jalan tersebut ambrol pada pukul 04.15 WIB dan membuat sedikitnya sepuluh rumah toko ikut amblas ke dalam sungai yang berada di bawah jalan tersebut. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar