Politik Pemerintahan

Risma Jadi Menteri Sosial

Pemprov Bakal Tunjuk Wisnu Sakti Jadi Plt Wali Kota Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim, Jempin Marbun menegaskan, Pemprov Jatim hingga saat ini masih menunggu surat pengunduran diri Tri Rismaharini sebagai Wali Kota Surabaya.

Hal ini setelah Risma diangkat sebagai Menteri Sosial RI oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (22/12/2020) hari ini dan akan dilantik pada Rabu (23/12/2020) besok.

“Surat pengunduran diri tersebut menjadi dasar untuk mengeluarkan surat Plt kepada Wakil Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana. Sekarang kita masih menunggu surat pengunduran diri tersebut. Baru kemudian, nanti Gubernur akan menunjuk Plt,” kata Jempin kepada beritajatim.com, Selasa (22/12/2020) malam.

Setelah penunjukkan Plt, Pemprov Jatim akan menunggu proses pemberhentian yang dilakukan melalui rapat paripurna DPRD Kota Surabaya. “Keputusan tersebut nanti akan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ibu Gubernur untuk pemberhentian Bu Risma,” pungkasnya.

Seperti diketahui bersama, Presiden RI Joko Widodo telah memutuskan untuk mengangkat Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial dalam perombakan kabinet pasca tertangkapnya Juliari P Batubara yang diduga melakukan korupsi dana bantuan sosial Covid-19.

Tak hanya Risma, Jokowi juga merombak lima jabatan lainnya. Adalah, Sandiaga Uno menempati posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio. Lalu, Wahyu Sakti Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang tertangkap tangan KPK atas dugaan kasus suap izin ekspor benih lobster.

Kemudian, Menteri Agama ditempati Yaqut Cholil Qoumas. Dia menggantikan Fachrul Razi. Lalu, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan.

Terakhir, Muhammad Lutfi menjabat Menteri Pedagangan menggantikan Agus Suparmanto. Sementara itu, pelantikan akan dilakukan pada Rabu besok. [tok/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar