Politik Pemerintahan

Pemprov: 100 Persen Masyarakat Jatim Nikmati Listrik di Tahun 2021

Kepala Dinas ESDM Provinsi Jatim, Setiajit

Surabaya (beritajatim.com) – Pemprov Jatim berdasarkan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) menargetkan pada tahun 2021, rasio elektrifikasi mencapai 100 persen. Pada tahun 2019, rasio elektrifikasi sudah mencapai 96,85 persen.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Jatim, Setiajit ditemui di kantornya, Kamis (15/8/2019) mengatakan, pada tahun 2021 diharapkan seluruh masyarakat di Jatim sudah menikmati aliran listrik.

“Kami pemerintah daerah, baik provinsi dan kabupaten/kota masih punya celengan sekitar 50 ribuan rumah tangga kurang mampu di Jatim yang belum teraliri listrik. Artinya, kami akan usulkan kepada DPRD Jatim agar itu nanti dibiayai oleh APBD Jatim. Ini karena kewenangan terkait elektrifikasi ini adalah provinsi,” kata Setiajit.

Setiajit mengatakan, sebagian masyarakat yang belum bisa menikmati listrik karena ada daerah yang tidak bisa dijangkau infrastruktur kelistrikan, seperti kepulauan di Madura.

Sebagai solusinya, pihaknya sudah meminta kepada PLN untuk mendirikan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

“Contohnya, sekarang sudah ada tujuh pulau di Kepulauan Sumenep Madura yang enam dibangun PLTD dan satunya dibangun PLTS. Insya Allah, akhir Agustus ini Bu Gubernur akan meresmikan dan dipusatkan di Pulau Raas, karena di sana ada 1500 KVA. Di Raas ada 1.592 rumah. Sekarang sudah dipasang kurang lebih 1.250 rumah. Harapannya Ibu Gubernur, semua rumah yang ada di sana dipasang listriknya. Kemudian, PLTS di Pulau Gili Iyang Sumenep. Di Madura, di tahun 2019 ini, rasio elektrifikasi bisa mencapai 95 persen,” pungkasnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar