Politik Pemerintahan

Hari Ini Jadwal Pembahasan Bersama DPRD

Pemkot Probolinggo Percepat Penataan Ulang OPD

Probolinggo (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Probolinggo, kembali menata perangkat daerah yang dinilai memiliki tugas dan fungsi tumpang tindih. Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, mengungkapkan, penyesuaian dilakukan agar fungsi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa berjalan optimal dan efisien.

Beberapa perangkat daerah rencananya disesuaikan, yakni: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, dimerger menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tipe A. Sedangkan urusan kepemudaan, olahraga dan pariwisata, akan disatukan sendiri kedalam Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Tipe A.

Penggabungan selanjutnya, urusan penanaman modal, dengan ketenagakerjaan, digabung menjadi Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Tipe A. “Soal ketenagakerjaan ini, serumpun dengan urusan penanaman modal. Jadi tidak bisa digabung dalam Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian” kata Hadi, Kamis (20/6/2019).

Selanjutnya bidang pekerjaan umum dan penataan ruang, dimerger dengan urusan perkim dan pertanahan. Menjadi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Tipe A. Sementara terkait pemberdayaan perempuan dan anak, kesehatan, sosial, perlindungan anak, sampai urusan pengendalian penduduk, lanjut Hadi, akan disatukan dalam dua organisasi. Yakni Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Anak Tipe A, dan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tipe A.

Demikian pula soal pertanian, ketahanan pangan, dan perikanan, bakal disatukan menjadi Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Tipe A. “Kelautan tidak kita ikutkan karena sudah ditangani propinsi. Penggabungan ini dilakukan juga untuk efisiensi anggaran,” papar Hadi Zainal Abidin. Sementara urusan kesbangpol, imbuh pria yang juga pengasuh Ponpes. Riyadlus Sholihin Ketapang ini, hanya akan diatur ulang kelembagaannya menyesuaikan Permendagri, No. 11 Tahun 2019.

Semalam, Rabu (19/6/2019), rencana tersebut disampaikan Walikota Hadi, dalam rapat paripurna DPRD. Dan Rencananya, Kamis (20/6/2019) siang ini, draft perubahan susunan perangkat daerah berikut RPJMD Kota Probolinggo 2019-2024 itu, memasuki tahap pembahasan di gedung dewan. [eko/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar