Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pemkot Pasuruan Tarik Wisatawan Dengan Gedung Bersejarah

Gedung Societeit De Harmonie Kota Pasuruan

Pasuruan (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Pasuruan tengah berupaya memoles bangunan bersejarah Gedung Harmonie di Jalan Pahlawan Kota Pasuruan. Tembok pagar SMK Untung Soeropati di depan Gedung Harmonie dirobohkan.

Sejumlah pekerja dari dinas setempat juga tampak merapikan kabel semrawut dan mempaving ulang halaman depan gedung Harmonie. Rencananya bangunan peninggalan belanda yang dikenal sebagai gedung Societeit De Harmonie ini akan menjadi salah satu daya tarik wisata heritage di Kota Pasuruan.

Walikota Pasuruan, Syaifullah Yusuf mengungkapkan jika selain memoles gedung yang kini difungsikan sebagai bangunan SMK Untung Suropati ini, pemkot juga akan merenovasi tampilan taman makam pahlawan.

“Sekarang gedung harmoni heritage ini kita poles. Nanti taman makam pahlawan juga saya sudah izin untuk diperbaiki,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul berencana akan mengintegrasikan gedung Harmonie dengan taman makam pahlawan, gedung PG3I, serta taman kota Pasuruan sebagai satu kesatuan area wisata heritage.

“Lalu kita satukan gedung harmoni, taman kota, teman makam pahlawan dan PG3I dan sepanjang jalan Pahlawan sebagai wisata sejarah, ” imbuhnya.

Sementara itu, ketua DPRD Kota Pasuruan, Ismail Marzuki Hasan, menjelaskan jika nantinya kawasan wisata heritage akan jadi lokomotif pariwisata Kota Pasuruan selain wisata religi. Ismail berharap dengan adanya wisata heritage bisa semakin mendongkrak perekonomian warga Kota Pasuruan.

“Lokomotif pariwisata ini nanti juga ditunjang dengan kebersihan dan keramahtamahan, sehingga wisatawan akan kembali ke Kota Pasuruan. Semakin krasan, uang yang dibelanjakan makin besar dan berpengaruh ke kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (ada/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar