Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Libatkan Seluruh Elemen Masyarakat

Pemkot Mojokerto Semarakkan BBGRM XIX Tahun 2022

Pemeriksaan jentik nyamuk yang dilakukan petugas Posyandu. [Foto : ist]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan untuk menyemarakkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIX tahun 2022.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P2A) Choirul Anwar menyampaikan BBGRM dilaksanakan setiap bulan Mei sesuai dengan Amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan BBGRM.

“Untuk menyemarakkan BBGRM sekaligus untuk pemberdayaan masyarakat kita juga menyelenggarakan berbagai kegiatan yang prinsipnya gotong royong, yaitu dari, oleh dan untuk masyarakat,” ungkapnya, Sabtu (28/5/2022)

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh elemen masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan seperti PKK, Karang Taruna, RT/RW, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Posyandu. Kegiatan tersebut untuk menguatkan semangat gotong royong dilakukan secara serentak.

“Kegiatan yang sudah dilakukan antara lain Posyandu yang dilakukan pada minggu pertama dan kedua bulan Mei serta PSN Serentak di masing-masing lingkungan. Pada 31 Mei 2022 besok, Karang Taruna bersama LPM dan RT/RW akan mengadakan kerja bakti massal,” katanya.

Tentunya dengan adanya berbagai kegiatan tersebut, lanjut mantan Kabag Humas tersebut, diharapkan bisa meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotong-royongan.

“Dalam BBGRM ini, juga akan ada lomba pelaksana gotong-royong terbaik. Dengan sasaran seberapa besar fungsi dan peran Lembaga kemasyarakatan mampu memberdayakan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan secara bergotong-royong. Serta seberapa mampu Lembaga kemasyarakatan bersinergi dengan pemerintah,” tuturnya.

Baik tingkat kelurahan maupun tingkat kota dalam mendorong partisipasi masyarakat yang meliputi bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial, budaya dan keagamaan dan bidang lingkungan. BBGRM XIX tahun 2022, Provinsi Jawa Timur mengangkat tema ‘Melalui Momentum Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Wujudkan Optimis Jatim Bangkit’. [tin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar