Politik Pemerintahan

Pemkot Malang Tindak Lanjuti Pemberlakuan Jam Malam Pemprov Jatim

Wali Kota Malang bersama Kapolresta Malang Kota dan Dandim 0833 Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang siap menindak lanjuti Surat Edaran (SE) Pemerintah Provinsi Jawa Timur nomor 736 tentang penerapan protokol kesehatan pelaksanaan kegiatan libur tahun baru 2021 di Jawa Timur. Salah satu item dari SE itu adalah pemberlakukan jam malam.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan pemberlakuan jam malam di Kota Malang dimulai sejak hari ini, Selasa, 29 Desember 2020. Jam malam diberlakukan mulai pukul 20.00 WIB hingga 04.00 WIB. Berlaku sampai 8 Januari 2021.

“Kami akan menerapkan jam malam sesuai SE Pemprov. Jadi ada jam malam mulai pukul 20.00 sampai pukul 04.00 WIB. Jadi aturan ini sudah jelas tidak boleh berkerumun dan termasuk segala jenis usaha,” kata Sutiaji.

SE Pemprov Jatim itu telah dikirim ke seluruh wali kota dan bupati di seluruh Jawa Timur. Beberapa item itu berisikan, Pemerintah Daerah untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan di wilayah masing-masing. Pemda, diminta untuk melakukan pembatasan kegiatan masyarakat untuk menghindari kerumunan mulai dari seremonial pernikahan, acara keagamaan, hingga perayaan tahun baru.

“Maka mulai hari ini, sudah diundangkan sampai dengan tanggal 8 Januari diberlakukan jam malam, bagi seluruh provinsi Jatim,” ujar Sutiaji.

Sementara untuk sanksi bagi warga yang melanggar jam malam. Akan dikenakan sanksi sesuai, Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Timur Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Pelindungan Masyarakat.

“Sanksinya dijelaskan di SE, kita mengikuti Perda Provinsi Jatim nomor 2 tahun 2020. Di sana diatur maka mengikuti Perda yang mengatur ketertiban bagi masyarakat umum. Dengan SE Pemprov Jatim, maka daerah tidak perlu mengeluarkan SE lagi,” tandas Sutiaji. (luc/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar