Politik Pemerintahan

Pemkot Malang Diganjar WTP ke 11 Kalinya oleh Menkeu

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan predikat WTP kepada Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menjadi salah satu dari 37 Pemerintah Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Timur yang menerima penghargaan dari Menteri Keuangan RI berupa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021.

Predikat WTP tersebut berhasil dipertahankan oleh Pemkot Malang hingga 11 tahun berturut-turut. Piagam penghargaan langsung diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, di Hotel Bumi Surabaya, Senin (14/11/2022) kemarin.

Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa prestasi ini diraih atas peran antar elemen di Pemkot Malang yang berkomitmen menjaga kinerja akuntabilitas keuangan daerah.

“Capaian ini merupakan wujud kerja keras dan koordinasi yang baik dari perangkat daerah serta seluruh elemen hexahelix. Predikat WTP yang diterima ini menjadi motivasi kami untuk terus menguatkan komitmen dalam meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat dan menyajikan laporan keuangan daerah secara transparan dan akuntable,” ujarnya, Selasa, (15/11/2022).

Menurutnya, konsistensi mulai perencanaan sampai pertanggungjawaban serta kerjasama dari seluruh elemen. Menjadi kunci yang akan dikuatkan agar predikat WTP sebagai indikator tertinggi kualitas laporan keuangan dapat dipertahankan.

Sementara itu, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa penghargaan WTP adalah instrumen untuk melaksanakan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan. Ia berharap outcome dari diperolehnya Opini WTP ini dapat meningkatkan percepatan kesejahteraan masyarakat.

“WTP yang diterima ini diharapkan bisa memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Jatim. Kami berharap penghargaan yang diberikan ini memberikan motivasi untuk terus bekerja keras dalam mempertahankan opini WTP serta outcome yang terukur dan ptoduktif pada tahun-tahun berikutnya,” paparnya.

Khofifah menilai capaian yang berhasil diraih oleh kabupaten/kota tersebut sungguh luar biasa karena diraih di tengah pandemi Covid-19. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah menyerahkan piagam penghargaan Opini WTP kepada 37 kabupaten/kota di Jatim. Ia berharap penghargaan ini juga memotivasi Daerah yang belum mendapatkan opini WTP untuk menjadi lebih baik di tahun berikutnya.

“Capaian opini WTP pada tahun ini menunjukan tren yang cukup positif. Dengan mempertahankan capaian pada Tahun Anggaran 2020 terdapat 37 Kabupaten/Kota yang memperoleh opini WTP,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar