Politik Pemerintahan

Idul Adha di Tengah Pandemi

Pemkot Kediri Gratiskan Biaya Penyembelihan Hewan Kurban

Sapi Hewan Kurban

Kediri (beritajatim.com) – Merayakan hari raya Idul Adha 1442 H ditengah pandemi covid-19, Pemerintah Kota Kediri berikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berkurban. Ini sesuai intruksi Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar untuk memfasilitasi penyembelihan hewan kurban bagi masyarakat Kota Kediri secara gratis.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kota Kediri, Mohamad Ridwan saat ditemui di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), pagi tadi, Rabu (21/7/2021).

Ridwan mengungkapkan bahwa pengratisan biaya retribusi pemotongan hewan kurban ini akan dilakukan selama 3 hari. “Penyembelihan di RTH secara gratis ini akan dilaksanakan selama 3 hari, yaitu Rabu, Kamis dan Jum’at,”tuturnya.

Kepala UPTD RPH Kota Kediri, Hariyanto menambahkan bahwa pemotongan hewan kurban dilakukan dari pukul 4 pagi hingga 11 siang dengan mendahulukan yang sudah mendaftar terlebih dahulu. “Ini untuk mengantisipasi adanya pembludakan permintaan pemotongan dan keterbatasan waktu yang diberikan,”terangnya.

Berdasarkan penuturan Ridwan, hingga pagi tadi sudah ada 33 hewan kurban yang dititipkan di RPH. “Seluruh hewan kurban yang diterima hari ini dalam keadaan sehat,”ujarnya.

Ini dikuatkan dengan pernyataan Hariyanto bahwa hewan yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum disembelih. “Kita telah menyiapkan Dokter Hewan untuk mengecek keadaan hewan kurban yang datang, sehat atau tidak,”terangnya.

Lebih lanjut Hariyanto menuturkan usai disembelih akan ada pemeriksaan kembali pada daging hewan tersebut. Setelah diperiksa, dari 33 ekor sapi yang dipotong hari ini, ditemukan 6 ekor sapi yang terkena cacing hati. “Bagian yang sakit tersebut akan kita pisahkan dan musnahkan di RPH sini,”ujarnya.

Hariyanto juga menjelaskan bahwa cacing hati tidak akan berpengaruh pada potongan daging lainnya. “Dagingnya Insyaallah aman, untuk hatinya akan kita musnahkan,”ujarnya. [nm/ted].



Apa Reaksi Anda?

Komentar