Politik Pemerintahan

Pemkot Kediri Beri Kelonggaran Pengusaha Restoran, Ini Syaratnya

Nur Muhyar, Kepala Disbudparpora Kota Kediri.

Kediri (beritajatim.com) – Pemkot Kediri tidak akan memberikan izin tempat hiburan dan obyek wisata buka selama Idul Fitri 1441 H. Sebab, selama pandemi Covid-19 ini, Pemkot lebih memprioritaskan pemunuhan kebutuhan hidup masyarakat ketimbang tempat hiburan.

Nur Muhyar, selaku Kepala Disbudparpora Kota Kediri menegaskan, Pemkot Kediri lebih memprioritaskan pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat. Semisal tentang perda pangan sembako dan lainya yang dirasa lebih penting dan dibutuhkan oleh masyarakat.

“Yang diutamakan adalah menyangkut kebutuhan dasar masyarakat, seperti perda pangan sembako kemudian tentang hal hal pokok. Menyangkut tentang ke pariwiataan masih belum ada pelonggran,” kata Nur Muhyar.

Sebaliknya, Pemkot Kediri berencana memberikan kelonggaran pada pemilik usaha restoran supaya bisa melayani konsumen makan di tempat. Namun tentunya harus sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan Covid-19. Seperti misalnya, penerapan physical distancing, berani menolak kedatangan pengunjung yang tidak memakai masker, serta memberlakukan aturan bagi siapa pun untuk selalu cucu tangan

“Yang non hiburan kita sedang bahas. Harapannya bisa kita longgarkan sehingga rencanaya bisa kita buka kembali. Tetapi dengan syarat sesuai protokol kesehatan. Artinya harus berani memakai masker dan berani menolak pengunjung yang tidak memakai masker, cuci tangan dan tetapkan physical distancing artinya jika ada bangku yang disediakan untuk pengunjung paling tidak jumlahnya 50 persen,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Disperindag Kota Kediri ini.

Pihaknya berharap dengan adanya ketentuan yang sudah ditetapkan nantinya, bisa mengedukasi masyarakat tentang pola hidup masyarakat. Dia menilai meski Pemerintah Daerah memiliki kewenangan untuk menentukan kebijakan sendiri yang bersifat lokal tetapi harus tetap terintegrasi dengan Pemerintah Pusat. Mengingat pandemi Covid-19 merupakan persoalan bersama yang harus diselesaikan secara sama-sama. [nm/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar