Politik Pemerintahan

Pemkot Kediri Ajak Masyarakat Tanam Pohon dan Kurangi Sampah

Kediri (beritajatim.com) – Bertepatan dengan momen hari lingkungan hidup, Sabtu (5/6/2021) Pemerintah Kota Kediri mengajak masyarakat melalui para ibu-ibu untuk melakukan gerakan menanam pohon. Berlokasi di sumber Dadapan, Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

“Hari ini kita memperingati hari lingkungan hidup, mari kita jadikan momen ini sebagai langkah untuk merawat lingkungan sekitar kita, salah satunya dengan menanam pohon,” ungkap Didik Catur, Kepala DLHKP Kota Kediri.

Ia beranggapan, hal ini mampu untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup, selain itu tindakan ini juga mampu untuk merestorasi ekosistem yang mungkin sedang tidak baik-baik saja.

“Kita menanamnya sekarang, tapi dampaknya dapat kita rasakan dalam jangka panjang, tidak hanya kita yang bisa menikmati tapi anak cucu kita, bahkan hewan-hewan pun juga akan mendapatkan manfaatnya,” imbuh Didik, saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan tersebut, ada sedikitnya 300 tanaman buah-buahan seperti Duruan, Jeruk, Blimbing Wuluh dan sebagainya dipilih untuk ditanam di sumber Dadapan tersebut. Selanjutnya beberapa sisanya akan didistribusikan ke warga untuk ditanam dilingkungan sekitarnya.

Disamping itu, menanamkan kesadaran untuk tidak membuah sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan sampah plastik. Menurutnya, hal ini dinilai ampuh untuk menjaga keberlangsungan keseimbangan ekosistem.

“Sampah, menjadi tanggung jawab kita bersama, sebisa mungkin kita minimalisir produksi sampah setiap harinya, terutama sampah plastik,” tandasnya.

Hal tersebut disambut positif oleh Hartini, salah satu warga Kelurahan Tinalan yang turut hadir dalam acara tersebut. Ia mendukung penuh gerakan yang bermanfaat ini. “Saya 100 persen mendukung, lha wong ini juga untuk kebaikan kita juga, kalau udaranya segar yang sehat juga kita juga,” ungkapnya, Sabtu, (5/6).

Tidak hanya Hartini, Endang warga kecamatan Pesantren, juga mengatakan hal serupa. Baginya gerakan seperti ini, sudah sepatutnya dijadikan gaya hidup.

“Dirumah saya ajarkan ke anak-anak saya hal-hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, menggunakan kantong yang bisa dipakai berulang-ulang, dan mengajak berkebun untuk membiasakan mereka mencintai lingkungannya, sejak dini” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut ketua TP-PKK Kota Kediri, Ferry Silviana Abu Bakar dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sumedi. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar