Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Tumbuhkan Aspek Psikososial yang Prima

Pemkot Kediri Adakan Bimbingan untuk Warga Barak Semampir

Petugas Dinas Sosial Melakukan Bimbingan Fisik, Mental, Spiritual, dan Sosial kepada Penghuni Barak Semampir

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Sosial selenggarakan kegiatan Pemberian Bimbingan Fisik, Mental, Spiritual, dan Sosial sebagai wujud kepedulian terhadap para penghuni barak semampir. Perlu diketahui, Barak semampir merupakan barak penampungan sementara yang diperuntukkan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial atau disebut dengan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

“Kegiatan hari sudah direncanakan dengan matang dengan lebih mengutamakan pada bimbingan spiritual dan mental, terutama dengan psikososial yang berkaitan hubungan antar manusia bagi warga penghuni di sini” jelas Triyono Kutut Purwanto, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri. Kegiatan rutin Dinas Sosial ini bertujuan untuk menciptakan keselarasan antara layanan sosial kebutuhan dasar, layanan rehabilitasi sosial, serta bimbingan fisik, mental, dan spiritual.

Penghuni Barak Semampir Kota Kediri

Dalam kegiatan yang diikuti 200 peserta ini, turut mengundang Ustadz Mohammad Hatta sebagai narasumber yang memantik spiritualitas peserta. Melalui acara ini, Kutut berharap agar warga penampungan barak semampir memiliki semangat yang kuat untuk memperbaiki kehidupan, serta menjalin hubungan yang harmoni antar masyarakat.

“Saya berharap kita semua dapat mencermati dan mengamalkan pesan yang disampaikan di acara bimbingan psikososial dan spiritual ini. Saya juga berharap kita jaga kondusivitas lingkungan ini. Menjaga sinergitas antara penjaga dan penghuni barak” tutur Kutut.

Di samping Ustadz Hatta sebagai penyejuk rohani, tak lupa Bhabinkamtibmas juga turut memberikan pengarahan kepada penghuni barak terkait peraturan PPKM Nataru. Hal tersebut disampaikan agar masyarakat paham peraturan pemerintah yang mengimbau masyarakat untuk membatasi kegiatan guna memangkas tumbuhnya klaster Covid-19 baru.

Menurut Yanti, warga setempat, program kegiatan ini sangat bermanfaat untuk warga, terutama untuk mengisi waktu di sela-sela kesibukannya sebagai Ibu Rumah Tangga. Ia berpesan kepada para penghuni agar selalu menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama. [nm/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati