Politik Pemerintahan

Pemkot Batu Lakukan Verifikasi Tempat Wisata Sebelum Kembali Operasional

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Malang(beritajatim.com) – Pemerintah Kota Batu akan melakukan verifikasi terhadap sejumlah tempat wisata di daerahnya sebelum diizinkan buka atau kembali beroperasi. Pariwisata di Kota Batu lumpuh selama tiga bulan terakhir akibat pandemi Covid-19.

Tempat-tempat wisata di Kota Batu tutup demi mencegah penyebaran Covid-19. Wilayah ini saat ini masuk masa new normal. Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengungkapkan tempat wisata boleh buka asal memenuhi syarat sesuai protokol kesehatan. Ada tim verifikasi yang turun ke lapangan untuk memutuskan tempat wisata mana saja yang siap untuk kembali buka.

“Beberapa tempat wisata yang akan dibuka, itupun kami akan melakukan verifikasi ke lapangan dengan tim lengkap. Kami punya tim verifikasi, terdiri dari tim gugus Covid-19 termasuk TNI dan Polri, dengan sangat detail menilai semua itu,” kata Dewanti, Selasa, (23/6/2020).

IMG-20190709-WA0010
Taman Hutan Kota Bondas, Kota Batu, Selasa (9/7/2019)

Dewanti mengatakan, Pemkot Batu akan melakukan koordinasi dengan masing-masing pengelola wisata. Koordinasi dilakukan untuk membahas rencana wisatawan yang datang ke Kota Batu diperlukan hasil uji swab atau hanya perlu menerapkan protokol kesehatan seperti masker, cuci tangan dan diukur suhu tubuhnya.

“Kita akan bicara dengan pengelola wisata, misalkan swab Rp250 ribu sedangkan tiket masuk Rp25 ribu itu kan harus kita pikirkan. Yang jelas karyawan harus memakai face shield Nanti resiko itu bisa diketahui oleh pengelola wisata,” ujar Dewanti.

Dewanti mengatakan sejauh ini tempat wisata belum diperbolehkan buka. Sementara untuk hotel, dari 50 hotel sudah buka 20 hotel. Ketentuannya, wisatawan yang mau menginap di hotel terutama yang berasal dari zona merah seperti Jakarta dan Surabaya wajib membawa hasil swab.

“Semua tempat wisata belum buka, kita akan komunikasi dengan tempat wisata itu bagaimana, apa cukup rapid, atau swab juga. Kalau rapid, yang menyediakan pengunjung itu sendiri. Atau bawa surat sehat. Kalau yang mau menginap harus bawa hasil swab, terutama dari zona merah. Tapi untuk zona lain tidak ada masalah,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar