Politik Pemerintahan

Pemkab Tuban Siap Laksanakan Penerapan New Normal

Tuban (beritajatim.com) – Meski jumlah warga masyarakat di Kabupaten Tuban yang terkonfirmasi dinyatakan positif Covid-19 terus bertambah dan jumlah Pasien Dalam Perawatan (PDP) juga bertambah pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban tak ingin menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Minggu (31/5/2020.

Hal tersebut dinyatakan langsung oleh Bupati Tuban H Fathul Huda setelah melakukan rapat evaluasi terkait terus bertambahnya pasien positif di Tuban Bumi Wali itu. Bupati menerangkan jika sampai ada kebijakan PSBB khususnya di Kabupaten Tuban akan menimbulkan berbagai dampak terutama perekonomian di masyarakat.

“Banyak pertimbangan yang membuat pemerintah enggan menerapkan PSBB. Diantaranya, pemberlakuaan PSBB dikhawatirkan bakal berdampak besar terhadap kemunduran perekonomian masyarakat,” terang H Fathul Huda, Bupati Tuban.

Selain itu, yang menjadi kekhawatiran lainnya jika dilakukan PSBB di Kabupaten Tuban itu maka selanjutnya akan ada status New Normal. Dimana saat new normal tersebut dikawatirkan banyak masyarakat yang merasa bebas dan tidak menerapkan protokol kesehatan.

Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan penerapan prosedur standar tatanan baru atau new normal di sarana publik stasiun MRT Jakarta, Selasa (26/5/2020) Foto: Sekretariat Presiden

“Jika PSBB selesai sekarang ada new normal. Nanti masyarakat akan merasa bebeas dan ada uforia. Saat PSBB diterapkan dan ternyata tak ada perkembangan maka bisa rugi 2 kali. Karena itu mari kita bersama sama usahakan supaya tidak ada PSBB,” ungkapnya kepada para wartawan.

Dengan tidak adanya rencana PSBB tersebut, Pemerintah Kabupaten Tuban sendiri saat ini telah menjalan New Normal atau tatanan kehidupan baru di tengah wabah pandemi virus corona atau covid-19 yang belum berakhir.

Protokol New Normal sebagaimana yang diterbitkan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan mengatur tentang pencegahan penularan covid-19 di tempat kerja, sektor jasa dan tempat perdagangan dalam mendukung keberlangsungan usaha.

“PSBB jangan sampai terjadi. Kita harus redam, mari bersama kita usahakan agar tidak ada penambahan pasien yang positif Covid-19. Kita siap menjalankan New Normal sebagaimana rencana pemerintah pusat. Pemkab Tuban siap untuk menjalankan skema New Normal, protokol kesehatan harus diterapkan betul,” pungkas Bupati Tuban dua periode itu.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar