Politik Pemerintahan

Jelang New Normal

Pemkab Sumenep Izinkan Objek Wisata Buka dengan Persyaratan

Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, tengah melakukan kajian kemungkinan kembali dibukanya objek-objek wisata jelang new normal.

“Sebenarnya buka atau tidaknya objek wisata itu juga bergantung pada kesiapan pengelolanya. Kalau memang siap, silahkan dibuka,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Senin (8/6/2020).

Seluruh objek wisata di Kabupaten Sumenep diminta untuk tutup sejak dinyatakan terjadi pandemi Covid-19 pada Maret 2020. “Menjelang new normal, atau tatanan baru di dunia pariwisata, ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh pengelola wisata maupun pengunjungnya. Yang jelas, keselamatan jiwa semua pihak harus jadi prioritas,” tandas Busyro.

Ia menyadari dampak ekonomi yang terjadi akibat penutupan objek wisata saat pandemi Covid-19. Namun hal itu juga dirasakan semua sektor. “Tidak hanya sektor pariwisata yang terdampak. Hampir semua sektor juga terdampak pandemi Covid19. Kita ini kan sedang bicara tentang keselamatan jiwa. Dan itu sangat penting,” ucapnya.

Busyro menerangkan, masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Karena itu, para pengelola objek wisata diminta untuk benar-benar memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan. “Itu harus dibuktikan di lapangan. Baru bisa menuju new normal. Tidak cukup hanya dengan bicara. Harus benar-benar dilaksanakan protokol kesehatan di objek wisata,” tegasnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar