Politik Pemerintahan

Pemkab Sidoarjo Terapkan Online Single Submission (OSS)

Pemohon izin usaha sedang dipandu oleh petugas OSS Kecamatan Taman

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sidoarjo telah menerapkan pelayanan perizinan Online Single Submission (OSS).

Pelayanan ini dibuka sebagai upaya untuk mempercepat proses pelayanan perizinan dan kemudahan berusaha dalam rangka peningkatan realisasi, implementasi, penanam modal dalam negeri dan penanaman modal asing.

Selain di Mall Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo, saat ini DPMPTSP Sidoarjo juga membuka layanan perijinan OSS di empat kecamatan, yakni Kecamatan Sedati, Waru, Taman dan Krian.

“Untuk mengurangi antrian yang berjubel di MPP, DPMPTSP juga membuka layanan di empat kecamatan,” kata lKepala DPMPTSP Sidoarjo Ari Suyono, Jumat (2/8/2019).

Meski layanan terintegrasi secara elektronik sudah ada di beberapa kecamatan, para pemohon ijin usaha masih suka antre di MPP. Layanan OSS di Kecamatan Taman misalnya, meski telah aktif membuka pelayanan sejak April 2019 kemarin, namun pemohon ijin masih terbilang sangat sedikit.

“Sekitar 10-15 orang yang mengunjungi OSS di Kecamatan Taman ini dalam satu bulan,” kata Camat Taman Ali Sarbini.

Diungkapkan Ali, sepertinya masyarakat banyak yang belum tahu tentang keberadaan layanan OSS yang ada di kantor Kecamatan Taman ini. “Butuh sosialisasi lebih gencar lagi, agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke MPP,” papar Ali.

Di Kantor Kecamatan Taman ini ada dua pegawai yang akan melayani masyarakat untuk pengurusan ijin usaha melalui OSS. Adapun bentuk layanan yang akan diberikan diantaranya pengurusan NIB, SIUP, TDP, IUMK.

Untuk persyaratan yang harus dilengkapi oleh pemohon adalah KTP, KK, NPWP, Surat keterangan Domisili usaha dan email.

Setelah persyaratan tersebut dilengkapi, pemohon akan dipandu oleh petugas untuk melakukan pengisian data secara online. Yang selanjutnya pengajuan ijin akan berproses.

Sementara itu Ernawati (45) salah satu pemohon ijin usaha mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan OSS di kecamatan Taman ini. Proses penerbitan ijin usaha OSS yang cepat dan mudah ini tentunya akan sangat membantu perkembangan usahanya.

“Tidak perlu antri dan jauh-jauh ke MPP Sidoarjo, di kantor kecamatan Taman ini layanan ijin usaha langsung berproses dengan cepat dan mudah,”tutur wanita yang mempunyai usaha makanan ringan ini. [isa/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar