Politik Pemerintahan

Pemkab Sidoarjo Launching Mini Mall Pelayanan Publik Sukodono

Sidoarjo (beritajatim.com) – Mini Mall Pelayanan Publik (MPP) Sukodono yang berada di samping Puskesmas dan Kecamatan Sukodono, resmi dilaunching, Kamis (11/9/2020).

Hadir dalam peresmian itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo sekaligus Plh Bupati Sidoarjo Drs. Ahmad Zaini, Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Sumardji dan pejabat lainnya.

Dalam peresmian itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Drs. Ahmad Zaini menekankan bagi para undangan untuk tetap tertib protokol kesehatan. Dan yang hadir juga wajib rapid test yang telah disediakan oleh panitia di pintu masuk Kecamatan Sukodono.

Plh. Bupati Sidoarjo Ahmad Zaini mengatakan, mini MPP Kecamatan Sukodono ini juga bisa dimanfaatkan oleh penduduk kecamatan lainnya di Kabupaten Sidoarjo. Dimana Mini MPP kecamatan Sukodono telah dilakukan softlaunching pada tanggal 24 April 2020, dan telah beroperasi kembali pada tanggal 6 Juli 2020 pasca PSBB di Kabupaten Sidoarjo.

“Saat ini Mini MPP Kecamatan Sukodono telah melayani Pelayanan perijinan dan non perijinan oleh DPM PTSP Kabupaten Sidoarjo, pelayanan Duk Capil Oleh Dispenduk Capil Kabupaten Sidoarjo, Pelayanan Pajak oleh Badan Pelayanan Pajak Daerah, Pelayanan Perbankan oleh Bank Pembangunan Daerah Jatim dan BPR Delta Artha Kab Sidoarjo, pelayanan kantor pajak oleh Kantor Pajak Pratama Wilayah Sidoarjo Barat, Pelayanan BPJS Ketenaga kerjaan, Pelayanan BPJS Kesehatan Sidoarjo, Pelayanan PT Pos Indonesia, Pelayanan Administrasi Pernikahan oleh KUA Kecamatan Sukodono, Pelayanan SKCK Online dan SIM Mobil oleh Polresta Sidoarjo, Pelayanan Pembuatan Pasport oleh Kantor Imigrasi Kelas I Surabaya secara mobile,” katanya.

Menurut Zaini, jumlah pengunjung dari masyarakat masing-masing counter sebanyak 25 orang per hari. Mini MPP Kecamatan Sukodono juga didukung beberapa fasilitas diantaranya, jaringan fiber optic dan keamanan jaringan dari Diskominfo Sidoarjo.

“Pemanfaatan aplikasi online terintegrasi, ruang layanan priorotas masyarakat, jalur khusus bagi disabilitas, tempat ramah anak dan pojok ASI juga ada di sini,” rincinya.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan pada hari ini, dengan tetap memperhatikan social distancing.

“Dimana pandemi saat ini menuntut kita untuk melakukan transformasi dan menjalankan strategi kerja, baik di bidang ekonomi, hukum, pemerintaan, sosial, kebudayaan, kesehatan dan pendidikan, kita dituntut untuk bergerak lebih cepat, lebih fleksibel, dan inovatif,” jelasnya.

Disini efisiensi, kolaborasi, dan penggunaan teknologi harus menjadi prioritas bersama. Kedisplinan nasional dan prioritas nasional juga harus ditingkatkan, dan harus mampu mengambil momen dan harus tanggap terhadap perubahan situasi politik.

“Berani memberikan nuansa baru dan pemikiran-pemikiran yang berbeda, global, smart shortcut and goal oriented yang berorientasi pada hasil terutama dalam pelayanan publik,” papar Diah.

Sebelum meninggalkan lokasi, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), dengan didampingi Plh. Bupati Sidoarjo dan Forkopimda secara keliling meninjau langsung Mini MPP Kecamatan Sukodono. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar